Perancangan buku ilustrasi berbasis augmented reality sebagai pembelajaran nilai-nilai pancasila untuk anak sekolah dasar generasi alfa
Penerbit : FSRD - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2025
Pembimbing 1 : Menul Teguh Riyanti
Pembimbing 2 : Januar Ivan Halimawan
Subyek : Book design
Kata Kunci : Illustrated book, augmented reality, Pancasila, Generation Alpha, education.
Status Posting : Published
Status : Lengkap
| No. | Nama File | Hal. | Link |
|---|---|---|---|
| 1. | 2025_SK_SDK_091302100009_Halaman-Judul.pdf | 18 |
|
| 2. | 2025_SK_SDK_091302100009_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf | ||
| 3. | 2025_SK_SDK_091302100009_Surat-Hasil-Similaritas.pdf | ||
| 4. | 2025_SK_SDK_091302100009_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf | ||
| 5. | 2025_SK_SDK_091302100009_Lembar-Pengesahan.pdf | ||
| 6. | 2025_SK_SDK_091302100009_Pernyataan-Orisinalitas.pdf | ||
| 7. | 2025_SK_SDK_091302100009_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf | ||
| 8. | 2025_SK_SDK_091302100009_Bab-1.pdf | 8 | |
| 9. | 2025_SK_SDK_091302100009_Bab-2.pdf | 17 |
|
| 10. | 2025_SK_SDK_091302100009_Bab-3.pdf | 12 |
|
| 11. | 2025_SK_SDK_091302100009_Bab-4.pdf | 24 |
|
| 12. | 2025_SK_SDK_091302100009_Bab-5.pdf | 41 |
|
| 13. | 2025_SK_SDK_091302100009_Bab-6.pdf | 1 | |
| 14. | 2025_SK_SDK_091302100009_Daftar-Pustaka.pdf | 4 | |
| 15. | 2025_SK_SDK_091302100009_Lampiran.pdf | 5 |
|
P Penulisan ini merupakan pendamping karya buku ilustrasi berbasis augmented reality (ar) sebagai media pembelajaran nilai-nilai pancasila yang menarik dan efektif bagi anak-anak generasi alfa di sekolah dasar. masalah yang diangkat adalah menurunnya kesadaran akan nilai moral dan pancasila, terutama di kalangan generasi muda, akibat paparan teknologi dan kurangnya metode pembelajaran yang relevan. metode konvensional dianggap kurang sesuai dengan karakteristik generasi alfa yang lekat dengan teknologi digital.penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh dari analisis dokumen, kuesioner kepada 30 orang tua, dan wawancara dengan guru sekolah dasar. hasil menunjukkan 80% orang tua menganggap pembelajaran pancasila penting, namun hampir 60% merasa buku pelajaran kurang menarik. guru juga menyatakan anak-anak lebih tertarik pada media digital, dan 70% anak terbiasa menggunakannya untuk belajar.sebagai solusi, diusulkan buku ilustrasi \\\"lima sahabat lima nilai\\\" yang menyajikan lima cerita pendek bernilai pancasila, dilengkapi ilustrasi kartun cerah dan karakter menggemaskan. fitur ar memungkinkan ilustrasi dipindai untuk menampilkan animasi interaktif, sehingga memperkuat minat dan pemahaman anak terhadap materi.
T This writing accompanies an illustrated book project enhanced with augmented reality (ar) as an engaging and effective medium for teaching pancasila values to generation alpha children in elementary schools. the issue addressed is the declining awareness of moral and pancasila values among indonesian youth, worsened by technological exposure and a lack of relevant learning methods. conventional teaching methods are seen as less appealing to generation alpha, who are closely familiar with digital technology.the research uses a descriptive qualitative method, with data collected through document analysis, questionnaires to 30 parents, and interviews with an elementary school teacher. results show that 80% of parents consider pancasila education important, but nearly 60% find current textbooks visually unappealing. the teacher also noted that children are more drawn to digital media, and 70% of them are already accustomed to using it for learning.as a solution, the illustrated book \\\"lima sahabat lima nilai\\\" is proposed, featuring five short stories that embody pancasila values in everyday situations. the book includes colorful cartoon-style illustrations and charming characters. its ar feature allows readers to scan images and see interactive animations, enhancing both engagement and comprehension.