DETAIL KOLEKSI

Anteseden purchase intention di e-commerce


Oleh : Rashinta Adelia Khairyanti

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Ina Octaviana Matusin

Pembimbing 2 : Mahasiswa

Subyek : Electronic commerce

Kata Kunci : Subjective norm, faith, consciousness, artificial intelligence enabled ease of use, dan purchase int

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

P Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta menganalisis peran subjective norms, faith, consciousness, dan artificial intelligence enabled ease of use terhadap purchase intention pada konsumen pengguna e-commerce di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 200 responden. Responden dalam penelitian ini adalah individu pengguna e- commerce Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM).Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Subjective norms berpengaruh positif terhadap purchase intention, (2) Faith berpengaruh positif terhadap purchase intention, (3) Consciousness berpengaruh positif terhadap purchase intention, dan (4) Artificial intelligence enabled ease of use berpengaruh positif terhadap purchase intention. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah para manajer perusahaan e-commerce dapat menunjukkan value yang bernilai ketika konsumen menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) saat berbelanja online, lalu dapat menunjukkan dan mencegah adanya peretasan dalam penggunaan teknologi AI (Artificial Intelligence), dapat membuat edukasi bagi penggunaan teknologi AI (Artificial Intelligence) kepada konsumen, dan dapat merancang atau menambahkan teknologi AI (Artificial Intelligence) dengan fitur yang membantu dan memudahkan konsumen dalam berbelanja.

T This research aims to test and analyze the role of subjective norms, faith, consciousness, and artificial intelligence enabled ease of use on purchase intention among consumers using e- commerce in Indonesia. The sample used in this research was 200 respondents. Respondents in this research were individual e-commerce users of Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, and Blibli. The sampling technique used was purposive sampling. Data were analyzed using the Structural Equation Model (SEM) method.The results of this research are: (1) Subjective norms have a positive effect on purchase intention, (2) Faith has a positive effect on purchase intention, (3) Consciousness has a positive effect on purchase intention, and (4) Artificial intelligence enabled ease of use has a positive effect on purchase intention. The managerial implication of this research is that e-commerce company managers can show valuable value when consumers use AI (Artificial Intelligence) technology when shopping online, then can show and prevent hacking in the use of AI (Artificial Intelligence) technology, can provide education for use of AI (Artificial Intelligence) technology for consumers, and can design or add AI (Artificial Intelligence) technology with features that help and make it easier for consumers to shop.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?