Perancangan dan pengukuran kinerja menggunakan metode service scorecard dan servqual pada PT. Pendar Andhika Paramartha
P PT Pendar Adhika Paramarta merupakan perusahaan yang fokus bergerak dalam semua aspek pendistribusian dari alat kesehatan. Merk ternama baik produksi dalam maupun negeri. Posisi PT. Pendar Andhika Paramartha disini sebagai prinsipal, dimana produk produk alat kesehatan dijual kepada distributor lainnya yang nantinya akan dibeli oleh rumah sakit sebagai konsumen. Melihat perkembangan PT. Pendar Andhika Paramartha dari tahun 2012 hingga 2022 sekarang, PT. Pendar Andhika Paramartha, memerlukan pengukuran kinerja agar bisa bersaing di pasarnya, berhubung pasar distributor mulai marak. Melihat kebutuhan dan permintaan alat kesehatan meningkatkan sebanyak 38% dari tahun 2020 disebabkan oleh masa pandemic COVID-19, memberi dampak positif kepada berbagai distributor alat kesehatan, dengan banyaknya distributor alat kesehatan di Indonesia PT. Pendar Andhika Parmartha harus memiliki keunggulan dalam nilai produk dan layanan yang optimal.Maka dari itu dirancanglah sebuah metodologi penelitian dimana pengukuran kinerja menggunakan Service Scorecard diturunkan melewati visi misi perusahaan lalu,inisiatif Strategi, hingga perancangan kuisioner Servqual Framework.. Penggunaan metode Service Scorecard dan Servqual Framework disini bertujuan untuk melihat dari sudut pandang kondisi internal perusahaan dan sudut pandang eksternal perusahaan yaitu melalui para pelanggan (distributor ).Setelah ada tujuan strategi dari analisa swot hingga penilaian terhadap performa internal menggunakan KPI (key performance Indicators), setelah itu dilakukan lagi sebuah penurunan strategi ke dalam 5 perspektif Servqual yaitu Reliability, Responsiveness,Assurance,Empathy, dan Tangible melalui 3 perspektif yang sekiranya bisa menafsirkan strategi nya dalam format Servqual yaitu Leadership, Innovation,dan Customer Retention. Hasil dari data yang telah diolah dalam Servqual menunjukkan bahwa pelanggan PT. Pendar Andhika Paramartha cenderung cukup puas dengan layanan dan kualitas produk perusahaan, dimana melihat Gap Maksimum adalah -0,43. Nilai Gap Maksimum,merupakan nilai ketidaksesuain harapan terhadap aktualisasi perusahaan dimana masih cenderung bersifat netral dengan kepuasan penggunaan produk dan layanan yang diberi perusahaan. Lalu untuk performa perusahaan itu sendiri memiliki nilai sangat baik yaitu sebesar 77,1/100 dengan catatan bisa lebih baik lagi karena hanya satu objektif dari perusahaan yang telah melampaui target, namun sisa objektif bisa dikatakan sudah baik atas usaha yang telah dilakukan perusahaan dalam rentang tahun 2020 hingga 2022.
P PT Pendar Adhika Paramarta is a company that focuses on all aspects of the distribution of medical devices. Well-known brands both domestic and domestic production. PT. Pendar Andhika Paramartha is here as the principal, where medical device products are sold to other distributors who will later be purchased by the hospital as consumers. Seeing the development of PT. Pendar Andhika Paramartha from 2012 to 2022 now, PT. Pendar Andhika Paramartha, requires performance measurement in order to compete in the market, since the distributor market is starting to bloom. Seeing the need and demand for medical devices increased by 38% from 2020 due to the COVID-19 pandemic, giving a positive impact to various distributors of medical devices, with many distributors of medical devices in Indonesia PT. Pendar Andhika Parmartha must have excellence in the value of optimal products and services. Therefore, a research methodology was designed in which performance measurement using the Service Scorecard was derived through the past company's vision and mission, strategic initiatives, to the design of the Servqual Framework questionnaire. The use of the Service Scorecard and Servqual methods The framework here aims to see from the point of view of the company's internal conditions and the company's external point of view, namely through customers (distributors). strategy into 5 Servqual perspectives, namely Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Tangible through 3 perspectives that could interpret the strategy in Servqual format, namely Leadership, Innovation, and Customer Retention. The results of the data that have been processed in Servqual indicate that the customers of PT. Pendar Andhika Paramartha tends to be quite satisfied with the company's service and product quality, which sees the Maximum Gap is -0.43. Maximum Gap Value, is the value of the discrepancy between expectations for the actualization of the company which still tends to be neutral with the satisfaction of using the products and services provided by the company. Then the company's performance itself has a very good score of 77.1/100 with a record that it could be even better because only one objective of the company has exceeded the target, but the remaining objectives can be said to be good for the efforts the company has made in the span of years. 2020 to 2022.