Pengaruh interpersonal individu, pengetahuan akuntansi, pertimbangan pasar kerja, dan penghargaan finansial terhadap minat berkarir menjadi akuntan publik
P Pemintan dalam berkarir adalah kecenderungan seseorang terhadap sesuatu.Karir adalah proses pembelajaran dan peran peluang untuk meningkatkan taraf hidupseseorang. Oleh karena itu, setiap individu berusaha untuk mendambakan kehidupanyang layak secara finansial. Pilihan karir bagi mahasiswa akuntansi tidak terbatashanya menjadi seorang akuntan, ada pilihan karir yang dapat dijejaki oleh mahasiswaakuntansi tergantung dari beberapa hal yang melatarbelakanginya. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi mahasiswa akuntansi terhadapminat berkarir menjadi akuntan publik. Metode Penelitian ini menggunakan metodekuantitatif. Sampel pada penelitian ini mahasiswa akuntansi semester 6 ke atas padauniversitas di wilayah DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakanpurposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 199Responden dari hasil penyebaran kuesioner yang dibagikan secara online melalui linkgoogle form. Pengujian data dilakukan menggunakan Microsoft Excel dan SoftwareIBM SPSS Statistic versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa InterpersonalIndividu (Xâ‚), Pengetahuan Akuntansi (Xâ‚‚), Pertimbangan Pasar Kerja (X₃) danPenghargaan Finansial (Xâ‚„) berpengaruh positif terhadap Minat Berkarir MenjadiAkuntan Publik (Y).
C Career focus is a person's tendency towards something. Career is a learningprocess and the role of opportunities to improve one's standard of life. Therefore,every individual tries to aspire to a financially decent life. Career options foraccounting students are not limited to just being an accountant, there are careeroptions that accounting students can explore depending on several reasons behindthem. This research aims to determine the factors that influence accounting students'interest in a career as a public accountant. This research method uses quantitativemethods. The sample in this study was accounting students in semester 6 and above atuniversities in the DKI Jakarta area. The sampling technique uses purposive sampling.The sample used in this research was 199 respondents from the results of distributingquestionnaires which were distributed online via the Google Form link. Data testingwas carried out using Microsoft Excel and IBM SPSS Statistics version 25 software.The results of this research show that Individual Interpersonal (Xâ‚), AccountingKnowledge (Xâ‚‚), Job Market Considerations (X₃) and Financial Rewards (Xâ‚„) have apositive effect on Career Interest in Becoming a Public Accountant (Y).