Gyroscopic stabilizer pada bus
B Bus menjadi sebuah sarana transportasi antar kota atau antar daerah yang paling banyak digunakan. Medan yang harus ditempuh sebuah bus yang melaju antar kota atau daerah seringkali memiliki permukaan yang dapat dikatakan ekstrim, karena yang harus dilalui bidang miring yang memiliki sudut yang tinggi atau jalanan yang miring bahkan jalanan yang tidak beraspal. Sehingga perhitungan stabilitas pada kondisi-kondisi ekstrim tersebut menjadi vital bagi bus agar terjamin keselamatan dan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang yang harus diangkut. Dengan mengetahui kondisi medan yang sudah ada, maka hal yang dapat kita ketahui dengan pasti bahwa seluruh medan yang terjadi menyebabkan kendaraan terguling, hanya saja perbedaan arah gulingan tersebut. menentukan dan menganalisa gaya-gaya yang akan terjadi ketika kendaaraan ini berjalan, menikung ataupun pada saat melakukan pengereman. Maka dapat didesain gyroscope stabilizer, dimensi dan juga sistem yang menunjang semua ini. Untuk mendapatkan nilai yang pasti maka dilakukan percobaan dengan model dengan kondisi-kondisi yang terjadi pada kondisi nyata dan hasil daripada percobaan merujuk kepada 1 hal yaitu system girsokop dapat menyeimbangkan kondisi bus pada saat menanjak, bidang miring, menurun dan manuver pada model. Sehingga dengan adanya data tersebut, maka sistem giroskop dapat menjadi salah satu solusi untuk menyeimbangkan kendaraan dengan titik berat tinggi atau dalam kasus ini adalah bus.
T The bus is a means of transportation between cities or between regions that is most widely used. The terrain that must be taken by a bus traveling between cities or regions often has a surface that can be said to be extreme, because it has to go through an inclined plane that has a high angle or sloping roads and even unpaved roads. So that the calculation of stability in these extreme conditions is vital for buses to ensure safety and comfort for drivers and passengers who must be transported. By knowing the existing terrain conditions, what we can know for sure is that the entire terrain that occurs causes the vehicle to roll over, it's just the difference in the direction of the roll. determine and analyze the forces that will occur when the vehicle is running, cornering or when braking. Then a gyroscope stabilizer, dimensions and a system that supports all of this can be designed. To get a definite value, an experiment was carried out with the model with conditions that occurred in real conditions and the results of the experiment referred to one thing, namely the gyroscope system can balance the condition of the bus when climbing, incline, descending and maneuvering on the model. So with this data, the gyroscope system can be a solution to balance vehicles with a high center of gravity or in this case a bus.