DETAIL KOLEKSI

Analisis perbandingan penggunaan software Faarfield dan Comfaa pada perhitungan tebal perkerasan landas pacu bandar udara

0.0


Oleh : Stefanus Mandef Demonggreng

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Dewi Rintawati

Pembimbing 2 : Christina Sari

Subyek : Airports;Pavements

Kata Kunci : faarfield, comfaa, runway, airport Pavement

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_STS_051001700118_Halaman-Judul.pdf 10
2. 2022_TA_STS_051001700118_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2022_TA_STS_051001700118_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2022_TA_STS_051001700118_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 34
5. 2022_TA_STS_051001700118_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 3
6. 2022_TA_STS_051001700118_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2022_TA_STS_051001700118_Bab-5_Kesimpulan.pdf 2
8. 2022_TA_STS_051001700118_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2022_TA_STS_051001700118_Lampiran.pdf
10. 2022_TA_STS_051001700118_Poster-TA.pdf
11. 2022_TA_STS_051001700118_PPT-TA.pdf

H Hingga saat ini sudah banyak metode yang dapat digunakan untuk melakukan perencanaan tebal perkerasan landas pacu di bandar udara. Adapula programprogram bantu seperti FAARFIELD dan COMFAA yang dikembangkan oleh FAA guna mempermudah proses perencanaan tebal perkerasan di bandar udara. Kedua program bantu yang digunakan untuk melakukan analisis dan perhitungan, akan memberikan hasil akhir tebal perencanaan perkerasan yang berbeda akibat mode komputasi dan variabel-variabel yang digunakan dalam program bantu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan dan efektifitas antara kedua program bantu, serta program bantu manakah yang lebih cocok digunakan di bandar udara. Metode penelitian dilakukan dengan metode deskriptif berupa studi literatur, dengan mengumpulkan referensi berupa penelitan-penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya mengenai perhitungan tebal perkerasan landas pacu bandar udara dengan software FAARFIELD dan COMFAA untuk dilakukan perbandingan, sehingga dapat menjawa rumusan masalah dari penelitian ini. Hasil analisis penelitian ini disimpulkan software FAARFIELD dan COMFAA merupakan dua program yang fungsinya berbeda namun dapat bekerja secara berkesinambungan, dimana hasil analisis dengan FAARFIELD dapat digunakan pada COMFAA. FAARFIELD berfungsi untuk menganalisis tebal lapisan perkerasan, sedangkan COMFAA berfungsi untuk mengevaluasi struktur perkerasan baik terhadap ketebalannya maupun kekuatan strukturnya. Dalam analisis perhitungan ketebalan dengan kedua software terdapat variabel-variabel yang mempengaruhi baik dari input data maupun mode komputasi dalam kedua program. Kedua program ini sangat cocok digunakan untuk perencanaan tebal perkerasan landas pacu di bandar udara, melihat fungsi dari kedua software yang dapat bekerja secara kontinu.

U Until now there have been many methods that can be used to do thick planning of runway pavement at airports. There are also assistive programs such as FAARFIELD and COMFAA developed by the FAA to facilitate the process of planning thick pavements at airports. Both assistive programs, which are used to perform analysis and calculations, will provide a bold end result of different pavement planning due to the computational mode and variables used in the assistive program. This research was conducted to find out the differences and effectiveness between the two assist programs, as well as which assist programs are more suitable for use at airports. The research method is carried out with descriptive methods in the form of literature studies, with references in the form of previously conducted research on the calculation of the thickness of airport runway pavement with FAARFIELD and COMFAA software for comparison, so as to be able to understand the problem formulation of this research. The results of this research analysis concluded that FAARFIELD and COMFAA software are two programs whose functions are different but can work continuously, where the results of the analysis with FAARFIELD can be used on COMFAA. FAARFIELD serves to analyze the thickness of the pavement layer, while COMFAA serves to evaluate the structure of the pavement both by thickness and strength of its structure. In the analysis of thickness calculations with both software, there are variables that affect both the data input and the computational mode in both programs. Both programs are perfectly used for the thick planning of runway pavements at airports, looking at the functions of both software that can work continuously.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?