DETAIL KOLEKSI

Identifikasi kondisi pemeliharaan gedung terhadap tingkat kepuasan pengguna Kantor Cabang BRI di Kota Jakarta


Oleh : Mochammad Azizi Hakim

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Darmawan Pontan

Subyek : Office buidings - Maintenance and repair

Kata Kunci : maintenance of buildings, office buildings, satisfaction levels

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_STS_051001600120_Halaman-Judul.pdf
2. 2022_TA_STS_051001600120_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2022_TA_STS_051001600120_Bab-1_Pendahuluan.pdf 2
4. 2022_TA_STS_051001600120_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2022_TA_STS_051001600120_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2022_TA_STS_051001600120_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2022_TA_STS_051001600120_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2022_TA_STS_051001600120_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2022_TA_STS_051001600120_Lampiran.pdf
10. 2022_TA_STS_051001600120_Poster.pdf
11. 2022_TA_STS_051001600120_PPT.pdf

B Bangunan gedung pada umumnya membutuhkan suatu pemeliharaan (maintenance) yang terdiri dari pemeliharaan ringan, pemeliharaan sedang, dan pemeliharaan berat. Perawatan gedung adalah wujud sarana dalam menjaga nilai kegunaan dari gedung tersebut. Implementasinya memerlukan manajemen pemeliharaan dan dukungan anggaran pemeliharaan. Dampak adanya kegiatan pemeliharaan gedung dapat berupa keamanan, kenyamanan dan kepuasan untuk penghuni gedung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kinerja kriteria teknis pemeliharaan pada bangunan gedung perkantoran, dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap pemeliharaan bangunan gedung perkantoran di Kota Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS (Statistical package for the Social Sciences) dengan jumlah responden sebanyak 50 dari 5 gedung Kantor Cabang BRI di Kota Jakarta. Dari analisis menyatakan variabel kualitas bangunan memiliki pengaruh terhadap variabel tingkat kepuasan sebesar 63.9%, Sedangkan 36.1% dijelaskan variabel diluar penelitian ini. Variabel yang paling berpengaruh atas kondisi pemeliharaan bangunan gedung kantor merupakan Pemeliharaan Sistem Penerangan (X.4) dengan indikator Pencahayaan lampu di ruangan (X4.1) dengan nilai mean 4.04. sedangkan untuk variabel tingkat kepuasan merupakan Keamanan (Y.4) dengan indikator lingkungan kantor yang memberikan rasa aman (Y4.2) dengan nilai mean 3.94.

B Buildings generally require a maintenance (maintenance) which consists of light maintenance, moderate maintenance, and heavy maintenance. Building maintenance is a form of means in maintaining the usability value of the building. Its implementation requires maintenance management and maintenance budget support. The purpose of this study is to measure the implementation of technical maintenance criteria in office buildings, and to find out the level of user satisfaction with the maintenance of office buildings in the city of Jakarta. The method used in this study is a simple regression using the SPSS (Statistical package for the Social Sciences) program with a total of 50 respondents from 5 BRI Branch Office buildings in Jakarta. From the analysis stated that the building quality variable had an influence on the satisfaction rate variable of 63.9%, while 36.1% described the variables outside the study. The variable that most affects the maintenance condition of office buildings is the Maintenance of Lighting System (X.4) with the indicator Lighting lights in the room (X4.1) with a mean value of 4.04. while for the variable satisfaction level is Security (Y.4) with an office environment indicator that provides a sense of security (Y4.2) with a mean value of 3.94.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?