Pengaruh leverage, ukuran perusahaan dan corporate social responsibility terhadap manajemen laba
T Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh leverage terhadap manajemen laba, Pengaruh ukuran perusahaan terhadap manajemen laba, Pengaruh corporate social responsibility terhadap manajemen laba.Penelitian ini bertujuan membuktikan hipotesis tentang pengaruh leverage, ukuran perusahaan dan corporate social responsibility disclosure terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan data sekunder diperoleh dari annual report perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode 2017 sampai 2019. Pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode purposive sampling dan menggunakan jenis data panel.Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Hal tersebut menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak mempengaruhi manajemen perusahaan untuk melakukan manajemen laba karena pada dasarnya manajemen laba yang dilakukan cenderung terjadi karena self-interest manajemen bukan karena corporate social responsibility yang menjadi kepentingan principal atau stakeholders.
T The purpose of this study was to analyze the effect of leverage on earnings management, the effect of firm size on earnings management, the influence of corporate social responsibility on earnings management.This study aims to prove the hypothesis about the effect of leverage, company size and disclosure of corporate social responsibility on earnings management. This study uses secondary data obtained from the annual reports of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) with the period 2017 to 2019. The sample collection used in this study is the purposive sampling method and uses panel data types.The conclusion that can be drawn from this research is Leverage has a significant negative effect on earnings, firm size has no effect on earnings management, corporate social responsibility has no effect on earnings management. This shows that corporate social responsibility does not affect company management to carry out earnings management because basically earnings management tends to occur because of management self-interest, not because of corporate social responsibility which is the interest of the principal or stakeholders.