Analisa carbon emission disclosure, profitabilitas, dan corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai pemoderasi
T Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh carbon emission disclosure, profitabilitas, dan corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan ukuran perusahaan sebagai faktor pemoderasi. Sampel penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor Manufaktur dan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016 hingga 2019 dengan menggunakan metode purposive sampling dan pengujian data dengan analisis regresi linier berganda yang dihitung dalam SPSS. Hasil yang dapat disimpulkan adalah carbon emission disclosure dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan corporate governance berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan yang memoderasi carbon emission disclosure dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan dan memperkuat terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan yang memoderasi corporate governance terhadap nilai perusahaan memiliki pengaruh tidak signifikan dan memperlemah terhadap nilai perusahaan
T The purpose of this study was to examine the effect of carbon emissions disclosures, profitability, and corporate governance on firm value by using company size as a moderating factor. The sample of this research is all manufacturing and mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2016 to 2019 using purposive sampling method and data testing with multiple linear regression analysis calculated in SPSS. The result that we can conclude is that carbon emissions disclosure and profitability have a significant positive effect on firm value, while corporate governance has a negative and insignificant effect on firm value. Firm size that moderates carbon emission disclosure and profitability has a significant and strengthening effect on firm value, while firm size that moderates corporate governance on firm value has an insignificant and weakening effect on firm value.