Hubungan intensitas penggunaan laptop dan ketajaman penglihatan pada siswa SMA Labschool Jakarta
L LATAR BELAKANG Dewasa ini, penggunaan laptop di kalangan remaja semakin meningkat..Tingginya intensitas penggunaan laptop dapat menimbulkan beberapa gangguanfungsi penglihatan, salah satunya penurunan tajam penglihatan. Penurunan tajampenglihatan yang minimal mungkin tidak disadari siswa dan jika dibiarkan dapatmengakibatkan menurunnya prestasi belajar. METODE PENELITIAN Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik denganpendekatan cross-sectional yang mengikutsertakan 115 siswa kelas XI SMA Labschool Jakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yangmeliputi data jenis kelamin, usia, lama istirahat, dan intensitas pengunaan laptop.Pengukuran tajam penglihatan diukur dengan menggunakan Optotipi Snellen.Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji Chi-squaremenggunakan program komputer SPSS versi 22. HASIL Sebagian besar responden (95,7%) memiliki intensitas penggunaan laptop yangberat dan 79 subjek (68,7%) mengalami gangguan tajam penglihatan. Tidak adahubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan laptop dan ketajamanpenglihatan (p=0,156). Tetapi terdapat hubungan yang signifikan antara lamaistirahat dalam sekali penggunaan laptop dan ketajaman penglihatan (p=0,000). KESIMPULAN Intensitas penggunaan laptop tidak berhubugan dengan ketajaman penglihatan.Namun terdapat hubungan yang bermakna antara lama istirahat dalam sekalipenggunaan laptop dan ketajaman penglihatan. Semakin lama seseorangberistirahat dalam penggunaan laptop, semakin sedikit yang mengalami gangguantajam penglihatan.
B BACKGROUND Nowadays, the use of laptop amongst teenagers has risen. The height of theintensity laptop usage can cause some visual impairment, such as the decrementof the visual acuity. If the declrement is only a minimum, students might notrealise it in time and if the treatment comes late, it can result in the declining ofthe student’s academic achievements. METHODOLOGY This research uses observation analitic design with a cross-sectional approachwhich includes 115 students of grade eleven students of Labschool High, Jakarta.The data was collected by using questionnaires that include the data of the gender,age, length of rest, and the intensity of laptop usage. The visual acuity ismeasured by using Optotipi Snellen. The processing technique and the analysis ofdata were completed by Chi-square test using a computer programme; SPSS,version 22. RESULTS Most of the correspondents (95,7%) have high intensity of laptop usage and 79subject (68,7%) experience disturbance in the visual acuity. There is nosignificant relation between the intensity of laptop usage and the visual acuity(p=0,156). Nonetheless, there is a significant relation between the length of therest in one period of using a laptop and the visual acuity (p=0,000). CONCLUSION The intensity of laptop usage is not related to the visual activity. However, thereis a significant relation between the length of the rest in one period of using alaptop and the visual acuity. The longer a person takes a rest within a period ofusing a laptop, the less it will affect the visual acuity.