Efektivitas pendidikan kesehatan gigi dengan bermain teka-teki silang : kajian pada siswa kelas V SD Sutomo 1 Medan) (Laporan Penelitian)
L Latar Belakang: Usia anak sekolah dasar 6 sampai 12 tahun merupakan golonganusia yang rawan terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut. Pendidikankesehatan gigi memiliki peran penting dalam mengedukasi anak untuk mencegahmasalah kesehatan gigi dan mulut. Pendidikan kesehatan gigi (PKG) di sekolahsebaiknya dilakukan secara menarik agar dapat meningkatkan minat anak dalamkebiasaan belajar. Salah satu metode yang efektif yaitu dengan bermain teka-tekisilang. Tujuan: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pendidikankesehatan gigi dengan metode bermain teka-teki silang dalam meningkatkanpengetahuan siswa kelas V SD Sutomo 1 Medan tentang kesehatan gigi dan mulut.Metode: Penelitian ini bersifat eksperimental pre dan post-test group designdengan menggunakan kuesioner berisikan 20 pertanyaan dan total responden yangterlibat sebanyak 96 anak. Pengetahuan anak diukur terlebih dahulu denganmenggunakan kuesioner, lalu diberikan perlakuan berupa PKG dengan bermainteka-teki silang. Pengetahuan anak akan dinilai kembali 1 minggu dan 1 bulankemudian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon SignedRank. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tingkatpengetahuan secara signifikan yang diperoleh dari data nilai rata-rata sebelum(12,03) dibandingkan dengan 1 minggu (15,94) dan 1 bulan (14,39) setelahdiberikan PKG dengan bermain teka-teki silang. Hasil uji Wilcoxon Signed Rankdidapatkan nilai p=0,000. Kesimpulan: Penelitian ini membuktikkan bahwaadanya efektivitas pendidikan kesehatan gigi dengan bermain teka-teki silang padasiswa kelas V SD.
B Background: At the age of 6 to 12-year-old is an age group that is vulnerable tooral health problem. Dental health education plays a vital role in improving primarystudents’ knowledge to prevent oral health problem. Dental health education (DHE)should be conducted in interesting manner to develop their interest towards learninghabit. One of the effective method is by playing crossword puzzle. Aim: The aimof this study was to evaluate the effectiveness of dental health education by playingcrossword puzzle in enhancing knowledge of primary 5 students of Sutomo 1Medan regarding oral health. Method: This study was an experimental researchwith pre and post-test group design by using questionnaire that consisted of 20questions with ninety-six students participated in this study. Children’s knowledgewere measured first by using questionnaire, then were given an intervention throughDHE by playing crossword puzzle. The evaluation of knowledge was recorded 1week and 1 month respectively after the intervention. Statistical analysis were doneby using Wilcoxon Signed Rank test. Results: There was a significant increase inknowledge that were obtained from pre-intervention data (12,03) compared to 1week (15,94) and 1 month (14,39) after being given DHE by playing crosswordpuzzle. Wilcoxon Signed Rank test showed value at p=0,000. Conclusion: Thisstudy was proven that there was an effectiveness of dental health education byplaying crossword puzzle on primary 5 students.