DETAIL KOLEKSI

Hubungan aktivitas non akademis dengan indeks prestasi semester mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti


Oleh : Maria Yosephina

Info Katalog

Nomor Panggil : 610.711/YOS/h

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : Juni Chudri

Subyek : Achievement;Adolescent

Kata Kunci : non-academic activities, semester grade point average, GPA

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2015_TA_SKD_03011176_Halaman-judul.pdf
2. 2015_TA_SKD_03011176_Pengesahan.pdf
3. 2015_TA_SKD_03011176_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2015_TA_SKD_03011176_Bab-2_Tinjauan-literatur.pdf
5. 2015_TA_SKD_03011176_Bab-3_Kerangka-konsep.pdf
6. 2015_TA_SKD_03011176_Bab-4_Metode.pdf
7. 2015_TA_SKD_03011176_Bab-5_Hasil.pdf
8. 2015_TA_SKD_03011176_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2015_TA_SKD_03011176_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2015_TA_SKD_03011176_Daftar-pustaka.pdf 3
11. 2015_TA_SKD_03011176_Lampiran.pdf

B Berada pada usia remaja akhir, mahasiswa memiliki kecenderungan untukberafiliasi dan memiliki aktivitas di luar waktu kuliahnya, seperti mengikutiaktivitas non akademik dalam rangka untuk mengembangkan diri. Hal inimengakibatkan mahasiswa akan memiliki lebih sedikit waktu belajar yang efektif,sehingga akan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Dalam hal ini adalahindeks prestasi semester (IPS). Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untukmengetahui hubungan mengikuti aktivitas non akademik dengan indeks prestasisemester mahasiswa.METODEPenelitian menggunakan studi observasional dengan desain potong lintang yangmengikutsertakan 149 mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Kedokteran UniversitasTrisakti. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioneruntuk mengukur keaktifan mengikuti aktivitas non akademik dan IPS. Analisisdata menggunakan SPSS v.21 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya0,05.HASILSebanyak 79,2% mahasiswa aktif dalam mengikuti aktivitas non akademik dansebanyak 57% mahasiswa memiliki IPS dengan predikat ‘sangat memuaskan’serta 12,8% memiliki IPS dengan predikat ‘dengan pujian’. Uji analisis denganChi-Square didapatkan p=0,617 yang menunjukkan tidak adanya hubungan yangbermakna antara mengikuti aktivitas non akademik dengan IPS.KESIMPULANPenelitian ini menunjukkan tidak adanya hubungan yang bermakna antaramengikuti aktivitas non akademik dengan IPS pada mahasiswa FakultasKedokteran Universitas Trisakti.

B Being on their late teens ages, as university students have tendency to affiliate andhave other activities on their spare time, such as participating in non-academicactivities in order to develop themselves. This caused the students will have lesseffective time to study, so that will affect the academic achievement, which is thesemester grade point average (GPA). Therefore, it is needed to look up thecorrelation between non-academic activities and semester GPA.METHODSThe study uses an observational study with cross-sectional design that included149 students on the third year of the Faculty of Medicine, University of Trisakti.Data were collected by interview using a questionnaire to measure the activitylevel of partisipating in non-academic activities and semester GPA. Data analysisconducted by using SPSS for Windows v. 21 with significant level 0,05.RESULTSA total of 79,2% of students actively participated in non-academic activities, as57% of students have semester GPA with ‘honors’ and 12,8% have semester GPAwith ‘cum laude’. Analysis of statistic by using Chi-Square shows p=0,617. Itshows there is no correlation between participating in non-academic activitiesand semester GPA.CONCLUSIONSThis study shows there is no correlation between particpating in non-academicactivities and semester GPA on third year students of Faculty of Medicine,University of Trisakti.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?