Pengaruh profitabilitas, firm size, struktur modal, dan umur perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI Tahun 2012-2016)
P Penelitian ini membahas tentang pengaruh profitabilitas, firm size, struktur modal, dan umur perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI Tahun 2012-2016). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, pengaruh firm size terhadap nilai perusahaan, pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan, dan pengaruh umur perusahaan terhadap nilai perusahaan.Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dan perancangan penelitian dalam bentuk penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif, sampel yang digunakan sebanyak 30 perusahaan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012–2016. Model analisis ini adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, firm size tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
T This study concern is about the effect of profitability, firm size, capital structure, and firm age to corporate value (empirical study on manufacture company of consumer goods sector industry which listed on BEI year 2012-2016). The aim of this study is to determine the effect of profitability on corporate value, firm size influence on corporate value, capital structure influence on the corporate value and the influence of the firm age on the corporate value.This study uses hypothesis test and research design in quantitative research form with descriptive analysis, and thirty manufacture companies on consumer goods industry sector that listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) period 2012-2016 were being used as the samples.The analysis model is multiple linear regression. The result of the research shows that profitability have positive and significant influence to corporate value, firm size has no influence to corporate value, capital structure has positive and significant influence to corporate value and the firm age does not have any influence on corporate value.