Sistem jaringan untuk jaringan unified communication berbasis asterisk
U Unified communication merupakan sebuah set teknologi berkembang yang mengotomatisasi dan menyatukan komunikasi manusia dengan perangkat dalam konteks umum dan biasa. Komunikasi ini dapat mengoptimalkan kinerja dari perusahaan yang menggunakannya serta meningkatkan komunikasi manusia dengan mengurangi latency, pengeiolaan alur komunikasi, dan mengurangi penggunaan perangkat serta media yang digunakan. IPPBX yaitu perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara fain penyambungan, pengendalian dan pemutusan hubungan telepon, translasi protokol komunikasi, translasi media komunikasi atau transcoding, serta pengendalian perangkat-perangkat IP teleponi seperti VoIP gateway, access gateway dan trunk gateway. Penelitian ini dilakukan dengan membangun aplikasi web reporting pada jaringan voip to pstn dan aplikasi voice respon pada jaringan pstn to voip yang diterapkan pada sistem IPPBX. Penelitian dilakukan dengan memanfaatkan software dan hardware yang sudah ada seperti Linksys spa3102 sebagai voip gateway antara jaringan voip dengan jaringan pstn, aplikasi reporting ini dapat merespon setiap penekanan keypad telepon secara dinamis dengan menjalankan suara yang telah direkam sebelumnya, sedangkan voice respon disini berfungsi untuk memonitoring jaringan voip yang hendak melakukan komunikasi ke dalam jaringan pstn. Dari percobaan-percobaan yang dilakukan dengan memanfaatkan Linksys spa3102, asterisk, ivr dan cdr ini dapat membentuk sebuah sistem jaringan telepon yang bermanfaat dalam lingkungan perkantoran yang membutuhkan kinerja yang tinggi dan cost yang rendah dalam hal jaringan komunikasi.
U Unified communications is an evolving set of technologies that automate and integrate human communication with the device in the context of the common and ordinary. This communication can optimize the performance of companies that use and enhance human communications by reducing latency, managing the flow of communication, and reducing the use of devices and media used. IPPBX the device switching telephone and data communications technology-based Internet Protocol (IP) that control extension analogue telephone (TDM) and IP Phone extensions. The functions that can be done such as switching, control and termination of telephone, communication protocol translation, translation or transcoding media communications, and control of IP telephony devices such as VoIP gateways, access gateways and trunk gateways.The research was done by building a call detail record (CDR) on voip to pstn network and interactive voice response (IVR) on the pstn to voip network are applied to the IPPBX system. Penlitian performed by using software and hardware thatalready exist such as the Linksys spa3102 converter / interface between the network voip with pstn network, Respone Interactive Voice (IVR) system can respond to any telephone keypad presses dynamically by executing a previously recorded voice, Call detail Record (CDR) function here to voip network monitoring want to communicate to the pstn network.Of experiments was performed using spa3102 Linksys, Asterisk, IVR and cdr can establish a telephone network system which is useful in office environments that require high performance and low cost in terms of communication networks.