DETAIL KOLEKSI

Perancangan lansekap Kampus Institut Sains Dan Teknologi Nasional, Jagakarsa-Jakarta Selatan


Oleh : Nina Putri Rachmania

Info Katalog

Nomor Panggil : 081.1169

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Silia Yuslim

Pembimbing 2 : Iwan Ismaun

Subyek : Campus Design

Kata Kunci : Eco techno theme park, Geometric shape

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_AL_08106006_JUDUL.pdf
2. 2011_TA_AL_08106006_ABSTRAK.pdf
3. 2011_TA_AL_08106006_DAFTAR-ISI.pdf
4. 2011_TA_AL_08106006_BAB-I.pdf
5. 2011_TA_AL_08106006_BAB-II.pdf
6. 2011_TA_AL_08106006_BAB-III.pdf
7. 2011_TA_AL_08106006_BAB-IV.pdf
8. 2011_TA_AL_08106006_BAB-V.pdf
9. 2011_TA_AL_08106006_BAB-VI.pdf
10. 2011_TA_AL_08106006_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
11. 2011_TA_AL_08106006_LAMPIRAN.pdf

l lnstitut sains dan teknologi nasional (ISTN) merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi dalam jenjang pendidikan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia profesional yang bertujuan menghasilkan lulusan dan karya terbaik di bidang sains dan teknologi. Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi,penataan ruang luar yang mendukung aktivitas kerja dan belajar mengajar belum dimanfaatkan secara optimal.Tujuan perancangan adalah menata ruang luar kampus yang mendukung kegiatan dan interaksi masyarakat kampus ISTN dengan memanfaatkan potensi tapak. Sasaran perancangan antara lain Menata ruang luar kampus ISTN yang memberikan identitas sebagai kampus teknologi yang berwawasan lingkungan ; Mengembangkan fasilitas-fasilitas ruang luar yang memperjelas hubungan antar ruang bagi masyarakat kampus ; Menata pola sirkulasi, pola parkir kendaraan, tata hijau, dan utilitas sesuai dengan kegiatan sehingga dapat berfungsi maksimal untuk mendukung kegiatan kampus.Konsep dasar yang akan digunakan dalam perancangan lansekap kampus ISTN adalah organik dan geometris serta mengacu kepada tema Eco techno park. Pertimbangan konsep dasar organik mengacu kepadabentukan dari tapak ISTN dan bentukan dari danau sebagai unsur alami yang dimiliki oleh tapak sedangkan bentuk geometris mengacu pada bentukan-bentukan yang cenderung bersifat formal dan dimaksudkan untuk memperkuat citra kampus sebagai lembaga pendidikan yang bersifatformal.Secara garis besar, perancangan lansekap kampus ISTN dibagi kedalam 4 zona. Masing­ masing zona tersebut antara lain zona penerima, zona rektorat, zona akademik dan zona non akademik yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan kegiatannya.

I Institute national science and technology (ISTN) is an institution of higher education in the education that was established to meet the needs of Human Resource professionals who aim to produce graduates and best work in science and technology. As an institution of higher education, the arrangement of outer space that supports the work activities and the teaching and learning has not been used optimally.Design goal is to set the space off campus to support campus activities and community interaction to exploit the potential ISTN foot print Reforming the design targets include off - campus space ISTN identity as a campus that provides environmentally sound technologies; Develop facilities outside the room to clarify the relationship between space for the campus community; Reforming the circulation pattern, the pattern of vehicle parking, green layout, and utilities in accordance with the activities so it can function optimally in support of campus activities.Basic concepts that will be used in the design of the campus landscape ISTN is organic and geometric and referring to the Eco techno theme park. Consideration of the basic concepts of organic refers ISTN of the tread and the formation of the lake as a natural element which is owned by the tread while the geometric shapes refer to formations that tend to be formal and are intended to strengthen the image of the campus as a for male educational institution.Broadly speaking, the design of the campus landscape ISTN divided into four zones. Each of these zones include the recipient zones, zone rector, academic zone and the zone of non-academic who each have different functions according to its activities.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?