DETAIL KOLEKSI

Analisa geokimia batuan induk pada formasi ngimbang dan gas pada formasi kujung,lapangan 'Norman' Cekungan Jawa Timur Utara

0.0


Oleh : Aldila Norman Azharamdani

Info Katalog

Nomor Panggil : 721/TG/2015

Penerbit : FTKE - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Arista Muhartanto

Pembimbing 2 : Anwar Sadat

Subyek : -

Kata Kunci : -

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2016-TA-TG-07209004.pdf
2. 2016-TA-TG-07209004-BAB-I.pdf
3. 2016-TA-TG-07209004-BAB-II.pdf
4. 2016-TA-TG-07209004-BAB-III.pdf
5. 2016-TA-TG-07209004-BAB-IV.pdf
6. 2016-TA-TG-07209004-BAB-V.pdf
7. DAFTAR-PUSTAKA.pdf
8. 2016-TA-TG-07209004-LAMPIRAN.pdf

P Penelitian yang dilakukan terdapat pada daerah ‘NORMAN’. Pada cekungan Jawa Timur Utara yang masih merupakan bagian dari Cekungan Jawa Timur. Dibatasi oleh Eurasian plate pada bagian barat daya, busur Karimun Jawa merupakan batas di sebelah barat dari Cekungan ‘Norman’, dan disebelah timur berbatasan dengan Lombok, Selayar dan Cekungan Makassar Selatan.Eksplorasi offshore pada cekungan Jawa Timur sudah berlangsung sejak akhir periode tahun 1960-an. Beralasan penemuan dpenemuan dapur hidrokarbon pada Cekungan Madura dan Central Deep mengakibatkan ketertarikan operator selanjutnya untuk mengkaji studi pada daerah ini. Sedimen tersier pada cekungan Jawa Timur dapat dibagi berdasarkan setiap siklus sedimentasi, yang terdisi dari sistem regresi yang diikuti oleh transgresi yang terjadi karena adanya kenaikan muka air laut dan menyebabkan terlihatnya adanya ketidakselarasan stratigrafi. Setiap batasan siklus sedimentasi dikarakteistikan dengan adanya pembarua sedimentasi klastik yang diselimuti oleh karbonat.Analisa batuan induk dilakukan pada Formasi Ngimbang dang analisa sampel hidrokarbon di lakukan pada Formasi Kujung dengan metode analisa geokimia. Analisa kematangan, tipe kerogen dan lingkungan pengendapa batuan induk pada lapangan penelitian menggunakan metode rock eval pyrolisis dan kromatografi gas – spekrometri massa. Analisa kematangan, lingkungan pengendapan dan tipe kerogen pada sampel Hidrokarbon dilakukan dengan analisa kromatografi gas dan spektrometri massa. Korelasi yang dilakukan berdasarkan kemiripan karakteristik pada analisa batuan induk dengan sampel hidrokarbon.

T The study area was located at ‘NORMAN’ field in North East Java basin which is part of North Java Basins. The Eurasian Plate marks the north east limits of the East Java Basin, Karimun Jawa arch on the west and to the east it is bounded by deep water enviorenments of oceanic Lombok, Flores, Selayar, and South Makassar basins.Offshore exploration in East Java Basin has been started since late 1960’s. This feature is a stable high flanked by known hydrocarbon kitchens to the northwest (Central Deep) and south (Madura Basins), and it attracted more drilling by later operators. The Tertiary sediments in East Java Basin can be divided into a number of sedimentary cycles, each, if complete, would ideally consists of a Regressive System Tract followed by Transgressive System Tract bounded by maximum flooding and/or unconformity surfaces. Each cycle is characterized by renewed clastic sedimentation capped by carbonate.Research is discussing about geochemical correlations and the depositional correlation according to the source rock from Ngimbang Formation and Hydrocarbon shows on Kujung Formation. The source rock maturity, kerogen typing and depositional enviorenment analyzed with rock eval pyrolisis method. The hydrocarbon maturity, kerogen typing and depositional enviorenment analyzed with gas spectomety – mass chromatography method. The correlation studies are based on recognition of compositional similarities between oil left in source rock and reservoired oils.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?