DETAIL KOLEKSI

Analisis dan optimasi bejana tekan horizontal dengan sambungan lateral menggunakan metode elemen hingga

3.8


Oleh : Muhammad Ihram Maulana

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : Tono Sukarnoto

Pembimbing 2 : Soeharsono

Subyek : Pressure vessel - planning - standard;Asma code

Kata Kunci : displacement, finite element method, lateral connection, vessel

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2015_TA_MS_06111001_Halaman-Judul.pdf 17
2. 2015_TA_MS_06111001_Bab-1.pdf 3
3. 2015_TA_MS_06111001_Bab-2.pdf
4. 2015_TA_MS_06111001_Bab-3.pdf
5. 2015_TA_MS_06111001_Bab-4.pdf
6. 2015_TA_MS_06111001_Bab-5.pdf 1
7. 2015_TA_MS_06111001_Daftar-pustaka.pdf

D Dalam merancang dan membuat bejana tekan harus sesuai dengan standar yang ada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kegagalan pada bejana tekan sangat berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan dalam terhadap kekuatan tarik material dan displacement. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software Calla. Tahapan penelitian dimulai dari membuat model 3D hingga menganalisis tegangan yang terjadi akibat pembebanan berupa tekanan dalam sebesar 1.13 MPa pada bejana tekan dengan sambungan lateral dan dibandingkan dengan hasil teoritisnya. Kemudian hasil analisis tersebut digunakan untuk menentukan safety factor. Setelah analisis pertama selesai, dilanjutkan dengan melakukan optimasi pada bejana tekan hingga pada penentuan safety factor. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa beban berupa tekanan dalam sangat berpengaruh terhadap tegangan yang terjadi terutama pada daerah sambungan lateral. Safety factor yang diperoleh mula-mula adalah sebesar 0.969. Setelah dilakukan optimasi, safety factor naik menjadi 1.1148.

I In designing and manufacturing pressure vessels, the process must comply with existing standards to avoid undesireable things. Because failures in pressure vessels can be very dangerous. This study aims to determine the effect of the internal pressure to the tensile strength of the material and displacement. This study uses finite element method principles and the help of Catia as simulation software. The first step is by creating a 3D model then analyze the stress caused by 1.13 MPa internal pressure in the pressure vessel with lateral connection using Catia software and compared the results with the theoritical results. Then, the results of the analysis are used to determine the safety factor. After the initial analysis is completed, followed by optimization of the pressure vessel until the determination of the safety factor. From the analysis results, it can be concluded that the internal pressure loads have a great influence to the stresses especially along side the lateral connection area. The initial safety factor of the structure was 0.969. After optimization, the final safety factor was increased to 1.1148.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?