Pengaruh persepsi kemudahan,kepuasan layanan e-filing,perilaku dan keyakinan diriterhadap tingkat kepatuhan penyampaian spt tahunan pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi
P Pajak merupakan salah satu sumber pemasukan yang terbesar. Kesadaran masyarakat mengenai perpajakan sangatlah rendah, terlebih lagi terhadap pelaporan SPT Tahunan. Untuk mengatasi masalah rendahnya pelaporan tersebut, maka pemerintah membuat sebuah terobosan baru yaitu sistem pelaporan SPT Tahunan secara online yaitu dengan menggunakan e-Filing. Pelaporan SPT Tahunan secara online baru berlaku pada dua jenis SPT untuk Wajib Pajak Orang Pribadi, yaitu SPT 1770 S dan SPT 1770 SS. Fenomena pelaporan SPT Tahunan secara online masih merupakan hal yang menarik untuk di teliti karena setiap orang akan mempunyai persepsi yang berbeda terhadap penerapan e-Filing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh persepsi kemudahan e-Filing terhadap tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan, (2) Pengaruh persepsi kepuasan layanan e-Filing terhadap tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan, (3) Pengaruh perilaku Wajib Pajak pengguna e-Filing terhadap tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan, dan (4) Pengaruh keyakinan diri Wajib Pajak pengguna e-Filing terhadap tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan.
T Tax is one of the biggest revenues. People’s awareness about perpajakan very low, especially for a year of SPT reporting. To tackle the problem of low the reporting, then the government to make a new breakthrough is the system year of SPT reporting in online as using e-Filing. A year of SPT reporting in online, new apply effect in two types of SPT to taxpayers persona people is SPT 1770 S and SPT 1770 SS. The phenomenon of a year SPT of the reporting online is still interesting things to the conscientious, because everyone will have a different perception against the implementation of e-Filing. This study aims to know ( 1 ) The influence of the perception of ease e-Filing agains the compliance level of the delivery a year SPT, ( 2 ) The influence of the perception of satisfaction service e-Filing against the delivery of compliance a year SPT, ( 3 ) The influence of the behavior a Taxpayer users e-Filing agains the level of the delivery of compliance a year SPT, and ( 4 ) The influence of the confidence Taxpayer users e-Filing agains the level of the delivery of compliance a year SPT.