DETAIL KOLEKSI

Anteseden pada purchase behavior dengan pendekatan theory planned behavior


Oleh : Natalia Sameria

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2025

Pembimbing 1 : Yolanda Masnita Siagian

Kata Kunci : Social Media Influence Credibiliy; Food Vlogger; Parasocial Relationship; Electronic Word of Mouth;

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2025_SK_SMJ_022002214007_Halaman-Judul.pdf 11
2. 2025_SK_SMJ_022002214007_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2025_SK_SMJ_022002214007_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2025_SK_SMJ_022002214007_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2025_SK_SMJ_022002214007_Lembar-Pengesahan.pdf 4
6. 2025_SK_SMJ_022002214007_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2025_SK_SMJ_022002214007_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2025_SK_SMJ_022002214007_Bab-1.pdf
9. 2025_SK_SMJ_022002214007_Bab-2.pdf
10. 2025_SK_SMJ_022002214007_Bab-3.pdf
11. 2025_SK_SMJ_022002214007_Bab-4.pdf
12. 2025_SK_SMJ_022002214007_Bab-5.pdf
13. 2025_SK_SMJ_022002214007_Daftar-Pustaka.pdf
14. 2025_SK_SMJ_022002214007_Lampiran.pdf

M Media sosial kini menjadi alat yang sangat penting dalam aktivitas pemasaran digital, termasuk di bidang kuliner. salah satu strategi pemasaran yang semakin populer adalah penggunaan food vlogger sebagai social media influencer di instagram. food vlogger memiliki kemampuan membentuk opini publik melalui konten ulasan makanan yang mereka bagikan secara konsisten. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi purchase behavior pengikut, dengan mempertimbangkan peran mediasi dari parasocial relationship dan electronic word of mouth (e-wom), serta peran moderasi dari instagram immersion. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada individu yang pernah melakukan pembelian produk berdasarkan review dari food vlogger di instagram. dalam penelitian ini memiliki sebanyak 114 responden. analisis data dilakukan dengan metode partial least squares structural equation modeling (pls-sem) menggunakan smartpls 3.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa social media influencer credibility berpengaruh positif terhadap parasocial relationship, electronic word of mouth, dan purchase behavior. penelitian ini memberikan implikasi manajerial dalam penyusunan strategi pemasaran digital, terutama dalam pemilihan influencer yang kredibel dan pendekatan emosional yang kuat dengan audiens. temuan ini menegaskan bahwa tingkat kredibilitas food vlogger yang tinggi, parasocial relationship yang kuat antar influencer dengan audiens dapat mempengaruhi purchase behavior pengikutnya di instagram.

S Social media has become a vital tool in digital marketing activities, including in the culinary field. one increasingly popular marketing strategy is the use of food vloggers as social media influencers on instagram. food vloggers have the ability to shape public opinion through consistent food review content. this study aims to analyze the factors influencing followers\\\' purchase behavior, by considering the mediating roles of parasocial relationship and electronic word of mouth (e-wom), as well as the moderating role of instagram immersion. a quantitative approach was used by distributing questionnaires to individuals who had made purchases based on food vloggers\\\' reviews on instagram. this study involved 114 respondents. data analysis was conducted using partial least squares structural equation modeling (pls-sem) with smartpls 3.0. the results show that social media influencer credibility positively affects parasocial relationship, electronic word of mouth, and purchase behavior. the study provides managerial implications for digital marketing strategies, particularly in selecting credible influencers and fostering strong emotional engagement with audiences. these findings emphasize that high food vlogger credibility and strong parasocial relationships between influencers and audiences can significantly influence followers’ purchase behavior on instagram.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?