Atribut penawaran wisata menurut wisatawan pantai parangtritis dan pantai goa cemara, kabupaten bantul
P Penawaran pariwisata yaitu suatu hal yang ditawarkan kepada wisatawan untuk dirasakan dan dinikmati dengan menunjukan atraksi wisata yang berasal dari alam seperti pantai maupun buatan, jasa-jasa maupun barang-barang yang dapat menarik perhatian orang-orang untuk mengunjungi destinasi suatu tempat wisata. Preferensi wisatawan muncul dari keinginan dan kebutuhan mereka dalam melakukan perjalanan wisata terhadap produk wisata yang ditawarkan. Untuk mengukur preferensi wisatawan terhadap penawaran wisata diperlukan atribut penawaran wisata menurut wisatawan terhadap pantai Parangtritis dan pantai Goa Cemara. Hasil tinjauan pusaka diperoleh berbagai atribut penawaran wisata menurut wisatawan diantaranya adalah atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan ancillary. Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi atribut penawaran wisata menurut wisatawan Pantai Parangtritis dan Pantai Goa Cemara. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey kuesioner. Responden penelitian ini adalah pengunjung kedua pantai sejumlah 100 responden pada masing masing pantai. Teknik analisis yang digunakan adalah second order confirmatory factor analysis (CFA). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa indikator daya tarik pemandangan, kondisi objek wisata, kondisi jalan, kuliner, dan keamanan dapat mengukur atribut penawaran wisata pada pantai Parangtritis, sedangkan pada pantai Goa Cemara, indikator yang dapat mengukur atribut penawaran wisata yaitu seluruh indikator pada variabel atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan ancillary. Atribut atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan ancillary pada pantai Parangtritis dinilai cukup baik. Sedangkan pada pantai Goa Cemara dinilai masih minim sehingga perlu ditingkatkan oleh pengelola untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.
T Tourism offerings are things that are offered to tourists to be felt and enjoyed by showing tourist attractions that come from nature such as beaches and artificial, services and goods that can attract people to visit a tourist destination. Tourist preferences arise from their wants and needs in traveling on tourism products offered. To measure tourist preferences for tourism offers, it is necessary to measure the attributes of tourism offers according to tourists on Parangtritis beach and Goa Cemara beach. The results of the heritage review obtained various attributes of tourist offers according to tourists including attractions, accessibility, amenity, and ancillary. The purpose of this study was to identify the attributes of tourism offerings according to tourists Parangtritis Beach and Cemetery Cave Beach. Data collection techniques using questionnaire survey method. Respondents of this study were visitors to both beaches totaling 100 respondents on each beach. The analysis technique used is second order confirmatory factor analysis (CFA). The results of the research show that landscape attractiveness indicators, tourist attraction conditions, road conditions, culinary, and security can measure the attributes of tourist offer on the Parangtritis coast, whereas on the coast of Goa Cemara, the indicator that measures the attribute of Tourist offer is an entire indicator on variable attractions, accessibility, amenities, and ancillary. Attraction, accessibility, amenity, and ancillary attributes on Parangtritis beach are considered quite good. Meanwhile, Goa Cemara beach is still considered minimal so it needs to be improved by the manager to increase the number of tourist visits.