Analisis kekuatan rangka body bus besar untuk penggunaan BRT (Bus Rapid Transit)
B Bus adalah salah satu transportasi umum jalur darat dengan kapasitaspenumpang dan muatan barang yang lebih banyak dari transportasi umum lainnyaseperti mobil angkutan dalam kota. Dilihat dari fungsinya, bus yang digunankanuntuk perjalanan jauh maupun dekat didesain sedemikian rupa untuk mampumenahan beban dan penumpang. Maka dilakukannya analisis kekuatan strukturrangka bus, pada simulasi ini menggunakan struktur rangka bus dengan dimensihollow 40x40x3mm dengan material baja SKTM 13B. Dengan pembebanan padaatap dan diasumsikan sebesar 30000N ke arah bawah kemudian mendapatkan hasiltegangan ekuivalen sebesar 150,7 MPa dan deformasi sebesar 18,602mm.Kemudian pada simulasi berikutnya pada bagian samping atap dengan pembebananyang diasumsikan sebesar 20000N ke arah samping, dengan hasil teganganekuivalen sebesar 331,77 MPa dan deformasi sebesar 86,96mm dan umur kelelahanpada struktur rangka pembebanan pada atap dengan nilai minimum sebesar 72.406siklus dan pada samping atap sebesar 4.820 siklus
B Buses are a common form of land transportation with greater passenger andcargo capacities compared to other modes of public transportation such as citybuses. Considering their function, buses designed for both long and short journeysare engineered to withstand the load of passengers and cargo. Therefore, a structuralanalysis of the bus frame strength was conducted in this simulation using a framestructure with dimensions of hollow sections 40x40x3mm, made of SKTM 13Bsteel material. The simulation involved loading on the roof, assumed to be 30000Ndownward, resulting in an equivalent stress of 150.7 MPa and a deformation of18.602mm. In the subsequent simulation, a side roof section was loaded with anassumed 20000N lateral force. The outcomes showed an equivalent stress of 331.77MPa and a deformation of 86.96mm. Fatigue life analysis on the frame structureunder roof loading revealed a minimum value of 72,406 cycles, while for the sideroof loading, it was 4,820 cycles.