Optimasi kemiringan jalan tambang di PT Triaryani, musi Rawas Utara, Sumatera Selatan
O Optimasi kemiringan jalan tambang merupakan aspek penting dalam operasi tambang untuk meningkatkan produktivitas dan keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi kemiringan jalan tambang di PT Triaryani, Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan, khususnya di Pit Rajawali. Penelitian ini berfokus pada evaluasi dan optimasi kemiringan jalan tambang pada lintasan Coal Getting Selatan menuju ke Stockroom, dengan tujuan meningkatkan produktivitas alat angkut. Metode yang digunakan adalah cut and fill untuk mengeliminasi bukit dan lembah di jalur tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemiringan jalan tambang pada lintasan tersebut memiliki kemiringan ekstrim sebesar 29,36%, yang melanggar KepMen ESDM No 1827 K 30 MEM 2018 yang menetapkan batas maksimum grade 12%. Untuk mengoptimasi kemiringan jalan, diperlukan cut sebanyak 4.611,13 bcm dan fill sebanyak 16.403,13 bcm, dengan material fill diperoleh dari kegiatan overburden removal. Estimasi waktu pengerjaan jalan rencana tersebut adalah 175 jam dengan biaya sebesar 162.00.000 rupiah. Dengan implementasi jalan rencana tersebut, produktivitas alat angkut diperkirakan akan meningkat menjadi 40 ton/jam. Penelitian ini memberikan rekomendasi penting bagi perusahaan terkait optimasi grade jalan tambang.
O Optimization of mine road grades is a critical aspect in mining operations to enhance productivity and safety. This research aims to optimize the mine road grade at PT Triaryani, North Musi Rawas, South Sumatra, specifically in the Rajawali Pit. The study focuses on the evaluation and optimization of the mine road grade on the Coal Getting South route to the Stockroom, aiming to improve the productivity of transport equipment. The cut and fill method was employed to eliminate hills and valleys on the route. The research findings indicate that the mine road grade on this route has an extreme grade of 29,36%, which violates the Regulation of the Ministry of Energy and Mineral Resources No. 1827 that sets a maximum grade of 12%. To optimize the road grade, a cut of 4.611.13 bcm and fill of 16.403,13 bcm is needed, with fill material obtained from overburden removal activities. The estimated time for the construction of the planned road is 175 hours with a cost of 162.000.000 Rupiah. With the implementation of the planned road, the productivity of transport equipment is expected to increase to 40 tons/hour. This research provides important recommendations for the company regarding the optimization of mine road grades.