Pelatihan akuntansi dan manajemen pesantren
P Pesantren yang baik dapat berhasil jika memiliki manajemen bisnis, pengendalian internal manajemen dan laporan keuangan yang cukup andal atau baik. Mayoritas pesantren di Indonesia menjalankan manajemen pesantren secara sederhana dan unik. Untuk menjadi sebuah pesantren yang maju dan berkembang dan bekelanjutan masih banyak yang harus ditata secara manajemen dan sistem pelaporannya. Masih banyak pesantren dikelola secara keluarga, semi modern dan bahkan sudah modern seperti Pondok Pesantren Gontor.Adanya keterbatasan pengetahuan di bidang manajemen dan akuntansi pesantren mendorong Universitas Trisakti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Magister Akuntansi bekerja sama dengan IAI KAPd telah menyelenggarakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan pelatihan pengetahuan manajemen dan akuntansi pesantren kepada 500 pengurus pesantren melalui media daring Zoom. Dari hasil pelatihan yang diberikan Tim pelaksana PKM Trisakti telah memberikan manfaat bagi para pengelola pesantren atas perolehan pengetahuan pengalaman manajemen bisnis, dan penyusunan laporan keuangan yang lebih baik dan profesional dengan standar ISAK 35, sedangkan manfaat yang diterima Tim pelaksana PKM Trisakti (para Dosen dan mahasiswa) dapat memberikan pelatihan dan pendampingan tentang manajemen bisnis dan akuntansi pesantren dengan melibatkan seluruh dosen dan mahasiswa.Adanya manfaat yang diperoleh dari pelatihan PKM ini, in sya Allah akan dilakukan proses pelatihan berkelanjutan pada pengelola pesantren di seluruh Indonesia.
A A good Islamic boarding school can be successful if it has sufficiently reliable or good business management, internal management control and financial reports. The majority of pesantren in Indonesia run pesantren management in a simple and unique way. In order to become an Islamic boarding school that is progressive and developing and sustainable, there are still a lot of things to do in terms of management and reporting systems. There are still many Islamic boarding schools that are family-run, semi-modern and even modern like the Gontor Islamic Boarding School.The existence of limited knowledge in the field of management and accounting of Islamic boarding schools has encouraged Trisakti University, the Faculty of Economics and Business, Master of Accounting Study Program in collaboration with IAI KAPd to organize a Community Service program (Pengabdian Kepada Masyarakat-PKM) by providing training in management and accounting knowledge of pesantren to 500 pesantren administrators via online media Zoom. From the results of the training provided by the Trisakti PKM implementation team, it has provided benefits for pesantren managers for the acquisition of knowledge of business management experience, and preparation of better and professional financial reports with ISAK 35 standards, while the benefits received by the Trisakti PKM implementing Team (lecturers and students) can provide training and assistance on business management and Islamic boarding school accounting by involving all lecturers and students.There are benefits obtained from this PKM training, God willing, a continuous training process will be carried out for pesantren managers throughout Indonesia