DETAIL KOLEKSI

Kajian ikonologi pada desain eksibisi


Oleh : Agus Iswahyudi

Info Katalog

Nomor Panggil : 0004/T/2013

Subyek : Design - Exhibition

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Yusuf Affandi

Pembimbing 2 : Pamudji Suptandar

Kata Kunci : exhibition design, iconology, meaning, culture

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2013_TS_MDP_191110001_Halaman-judul.pdf 47
2. 2013_TS_MDP_191110001_Bab-1.pdf 14
3. 2013_TS_MDP_191110001_Bab-2.pdf
4. 2013_TS_MDP_191110001_Bab-3.pdf
5. 2013_TS_MDP_191110001_Bab-4.pdf
6. 2013_TS_MDP_191110001_Bab-5...pdf
7. 2013_TS_MDP_191110001_Halaman-judul.pdf 47

F Fenomena eksibisi semakin berkembang seiring dengan lajunya pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia, dimana ajang pameran merupakan media promosi yang sangat diperlukan bagi setiap perusahaan/industri. Desain eksibisi sebagai desain visual estetik merupakan kolaborasi dari desain dan arsitektur. Desainer eksibisi menyuntikkan individualitas, keintiman,kompleksitas, humor, dan ironi ke dalam rancang bangunan stan. Ikon-ikon pada desain stan bertebaran dan sangat provokatif agar pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung tercapai dengan tujuan akhirnya adalah keuntungan bisnis.Desain sendiri (dalam arti artefak), bukan suatu hasil karya manusia yang dapat berdiri sendiri, merupakan akumulasi dari berbagai tatanan peradaban hidup manusia yang selalu mengalami perubahan. Dalam konteks berkarya, desain dapat diinterprestasikan sebagai satu atau kelompok "tanda" yang bermakna budaya atausebagai "kode dalam konteks kebudayaan". Pada kenyataannya desain stan memiliki banyak makna yang disisipkan pada ikon-ikon stan pameran tersebut.Untuk mengetahui makna dan pola visual yang terdapat pada karya desain eksibisi, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ikonografi dan ikonologi, yang menitikberatkan pada penelaahan makna pada desain eksibisi, serta menginterprestasikan makna yang terkandung di dalamnya.

E Exhibition phenomenon is growing along with the speed of growth of Indonesia's creative economy, where the exhibition is a media campaign that is necessary for any company/industry. Exhibition design as an aesthetic visual design is a collaboration of design and architecture. Exhibition designers inject individuality, intimacy, complexity, humor, and irony into the booth construction design. Icons scattered on booth design and very provocative in order to convey the message to the visitors met with the eventual goal of business is profit. Own design (in the sense of artifacts), not a human work that can stand on its own, is an accumulation of various civilizations order of human life is always changing.In the context of work, the design can be interpreted as a single or group of "sign"or a meaningful culture as "code in the context of culture". In reality booth designhas many meanings icons pasted on the exhibition stands. To find out the meaning and visual patterns contained on exhibition design work, the approach used inthis study is the iconography and iconology approach, which focuses on the study of meaning in exhibition design, as well as interpret the meaning contained there in.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?