DETAIL KOLEKSI

Strategi kreatif membangun kesadaran dan perubahan perilaku pembaca pada media kampanye sosial(studi kasus: kampanye sosial anti body shaming bagi orang tua)


Oleh : Milenia Aziz

Info Katalog

Subyek : Physical-appearance-based bias - Campaign

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Wegig Murwonugroho

Pembimbing 2 : Agung Eko Budiwaspada

Kata Kunci : body shaming, poster, parent, design thinking.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_TS_MDP_191212100009_Halaman-Judul.pdf 14
2. 2024_TS_MDP_191212100009_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2024_TS_MDP_191212100009_Surat-Hasil-Similaritas.pdf
4. 2024_TS_MDP_191212100009_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2024_TS_MDP_191212100009_Lembar-Pengesahan.pdf 2
6. 2024_TS_MDP_191212100009_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2024_TS_MDP_191212100009_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2024_TS_MDP_191212100009_Bab-1.pdf
9. 2024_TS_MDP_191212100009_Bab-2.pdf 16
10. 2024_TS_MDP_191212100009_Bab-3.pdf 6
11. 2024_TS_MDP_191212100009_Bab-4.pdf 7
12. 2024_TS_MDP_191212100009_Bab-5.pdf 2
13. 2024_TS_MDP_191212100009_Daftar-Pustaka.pdf 4
14. 2024_TS_MDP_191212100009_Lampiran.pdf 10

B Body shaming adalah tindakan pelecehan yang sangat mudah dilakukan oleh kebanyakan orang dalam bentuk bullying verbal, dimana pelaku body shaming memberikan komentar negatif terhadap korban yang berdampak tidak baik dan mengganggu mental serta psikis dari korban body shaming tersebut. Para pegiat seni sudah banyak yang berpartisipasi dalam mengkampanyekan anti-body shaming seperti mengadakan seminar, pembuatan video hingga pembuatan poster yang disajikan untuk khalayak ramai. Kampanye-kampanye tersebut ini memiliki hasil yang berbeda, beberapa tepat sasaran namun ada juga yang tidak sampai pesannya kepada khalayak umum. Hasil karya seni ini perlu dikaji untuk menemukan hal-hal yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari setiap hasil karya. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji 3 (tiga) poster yang sudah pernah ada menggunakan model design thinking dengan menerapkan metode empathize dan define. Tiga poster tersebut disebarkan kepada responden dengan beberapa pertanyaan yang dikemas dalam kuisioner. Hal pertama yang diukur dari ketiga poster tersebut adalah bagaimana keberhasilan visualnya dalam menyadarkan audiens tentang perlakuan body shaming. Hal selanjutnya yang diukur adalah efektifitas penyampaian pesan dalam poster tersebut kepada audiens. Dari pengukuran tersebut dihasilkan visualisasi poster yang menampilkan photography dengan teks yang frontal untuk meningkatkan kesadaran responden dalam memahami informasi terhadap isu yang sedang dihadapi. Hasil lainnya adalah rancangan media berupa website, konten Instagram dan konten Youtube yang mengacu pada poster. 84.4% responden merasakan bahwa kampanye sosial dengan poster dan rancangan media berdasarkan kriteria terpilih lebih membangun kesadaran terhadap isu yang sedang dihadapi. Penyampaian pesan yang tegas di dalam poster dan media lainnya mampu menumbuhkan kesadaran responden terhadap prilaku anti-body shaming.

B Body shaming is an act of harassment that is very easily carried out by most people in the form of verbal bullying, where the body shaming perpetrator makes negative comments towards the victim which has a bad impact and disturbs the body shaming victim\'s mental and psychological well-being. Many art activists have participated in anti-body shaming campaigns, such as holding seminars, making videos, and making posters that are presented to the general public. These campaigns had different results, some were right on target but others did not get their message across to the general public. The results of this work of art need to be studied to find things that are the advantages and disadvantages of each work. In this research, researchers studied 3 (three) existing posters using the design thinking model by applying the empathize and define method. The three posters were distributed to respondents with several questions packaged in a questionnaire. The first thing to measure from the three posters is how successful the visuals are in making the audience aware of body shaming. The next thing to measure is the effectiveness of conveying the message in the poster to the audience. From these measurements, a poster visualization was produced that displays photography with frontal text to increase respondents\' awareness in understanding information on the issue being faced. Other results are media designs in the form of websites, Instagram content, and YouTube content which refer to posters. 84.4% of respondents felt that social campaigns with posters and media designs based on selected criteria built more awareness of the issues being faced. Conveying assertive messages on posters and other media is able to raise respondents\' awareness of anti-body shaming behavior.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?