Antesenden dan konsekuensi dari kepercayaan lingkungan dalam ekowisata
S Saat ini banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan lingkungan alam, apalagi semakin banyaknya aktivitas yang membuat satu sama lain tidak sadar bahwa perbuatan kita dapat merusak lingkungan. Oleh karena itu, peran word of mouth sangat mempengaruhi niat seseorang.Penelitian ini merupakan penelitian pengujian hipotesis yang dilakukan di Indonesia. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 175 responden dengan rentang usia 20 tahun hingga lebih dari 50 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan perspektif waktu berpengaruh positif terhadap keyakinan lingkungan. Dan, keyakinan lingkungan akan mempengaruhi sikap ekowisata itu sendiri dan secara positif akan mempengaruhi citra destinasi berbasis alam. Untuk meningkatkan minat terhadap ekowisata maka harus meningkatkan pesan verbal (e-WOM) agar pengunjung lebih tertarik dan memilih ekowisata sebagai pilihan destinasi wisata.Sehingga jjika adanya respon positif terhadap suatu destinasi wisata maka akan timbul keinginan untuk berkunjung
N Nowadays, many people need to pay more attention to the natural environment, especially since more and more activities make one another unaware that our actions can damage the environment. Therefore, the role of word of mouth greatly influences one's intentions.This research is a hypothesis-testing study conducted in Indonesia. The data was obtained by distributing questionnaires to 175 respondents ranging in age from 20 years to more than 50 years. The sampling technique in this study used purposive sampling. The research hypothesis was tested using the Structural Equation Model (SEM) method.The results of this study indicate that the involvement of the time perspective positively influences environmental beliefs. And environmental beliefs will affect the ecotourism attitude and positively impact the image of the nature-based destination. To increase interest in ecotourism, you must increase verbal messages (e-WOM) so that visitors are more interested and choose ecotourism as a tourist destination. Hence, there is a positive response to a tourist destination, a desire to visit will arise