DETAIL KOLEKSI

Usulan pengembangan kualitas produk ban mobil Accelera Alpha R17 dengan pendekatan Quality Function Deployment dan Analytic Network Process

0.0


Oleh : Dewi Susanti

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2008

Pembimbing 1 : Johnson Saragih

Subyek : Tire industry - Quality control;Quality function deployment

Kata Kunci : quality development, suggestion, quality, deployment, analytic network

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2008_TA_TI_06303205_Halaman-Judul.pdf 31
2. 2008_TA_TI_06303205_Bab-1.pdf 5
3. 2008_TA_TI_06303205_Bab-2.pdf
4. 2008_TA_TI_06303205_Bab-3.pdf
5. 2008_TA_TI_06303205_Bab-4.pdf
6. 2008_TA_TI_06303205_Bab-5.pdf
7. 2008_TA_TI_06303205_Bab-6.pdf
8. 2008_TA_TI_06303205_Bab-7.pdf
9. 2008_TA_TI_06303205_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2008_TA_TI_06303205_Lampiran.pdf

P PT Elangperdana Tyre Industry adalah peru sahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang pembuatan ban mobil. Keadaan pasar yang tidak menentu dan semakin banyaknya produk pesaing menyebabkan perusahaan hams mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen (Customer Needs).Pengembangan kualitas produk ban mobi I Aeeelera Alpha Rl 7 dilakukan denganmenggunakan metode Quality Function Deployment dengan pendekatan Analytic Network Process yang memungkinkan pengembangan produk dengan mengantisipa si dan memprioritaskan kebutuhan pelanggan seeara menyeluruh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi produk ban mobil yang diinginkan konsumen , menentukan karakteristik teknis beserta target yang tepat, memberikan urutan prioritas perbaikan sesuai dengan kebutuhan konsumen , serta untuk mengetahui pola hubungan keterkaitan antara sesama kebutuhan konsumen , pola hubungan keterkaitan karakteristik teknis dengan kebutuhan konsumen dan pola hubungan keterkaitan antara sesama karakteristik teknis sehingga membentuk suatu struktur jaringan.Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan , diketahui bahwa terdapat 9 karakteristik kebutuhan konsumen (WHATs) yaitu harga yang terjangkau, dapat meredam getaran atau guneangan, design yang menarik , kenyamanan, anti slip, tahan lama, tetap berjalan bila tertaneap paku, elastisitas, mudah didapatkan dan 9 karakteristik teknis (HOWs) yaitu penyesuain harga produk , ukura11 ban yang sesuai dengan mobil, pola kembang, elongation at break, kelebaran tread, tinggi sidewall, tubeless, breaker, juml ah distributor. Masing-masing karakteri stik kebutuhan konsumen tersebut mempunyai tingkat kepentingan yang berbeda-beda. Tingkat kepentingan diperoleh dengan melakukan pembobotan skala rasio yang membentuk matriks perbandingan berpasangan untuk menentukan tingkat kepentingan pada atribut kebutuhan konsumen dan karakteristik teknis dimana tingkat kepentingan dibagi menjad i 4 bagian yaitu penentuan tingkat kepentingan atribut kebutuhan konsumen dengan kontrol tujuan proses pengembangan produk (matriks Wl ), penentuan tingkat kepentingan atribut kebutuhan kon sumen dengan kontrol sesama atribut kebutuhan konsumen I innerdependence (matriks W3), penentuan tingkat kepentingan atribut karakteri stik teknis produk dengan kontrol atribut kebutuhan konsumen (matriks W2) dan penentuan tingkat kepentin gan atribut karakteristik tekni s dengan kontrol sesama atribut karakteri stik teknis I Jnnerdependence (matriks W4). Kemudian pembentukan matriks priorita s interdependent kebutuhan konsumen (matriks We) dengan melakukan perkalian matriks W3 dengan matriks WI serta pembentukan matriks prioritas interdependent karakteri stik teknis dengan melakukan perkalian matriks W4 dengan W2. Setelah itu, untuk mengha silkan tingkat kepentingan relatif dan prioritas karakteristik teknis dilakukan perkalian antara matriks Wa dengan matriks We.Hasil pengurutan prioritas elongation at break, breaker dan tubeless menempatiposisi teratas dibanding karakteri stik teknis lainnya dengan nilai tingkat kepentingan relatifnya 0.2446, 0.2265, 0.1929, sehingga diharapkan perusahaan Iebih memprioritaskan dalam memperbaiki karakteristik teknis tersebut.

P PT Elangperdana Tyre Industry is a manufactory that specialized in tyreproduction. The uncertain market condition and the products that become more and more competitiv are forcing the company to seek for a better solution to manage the problem and to produce a product that fit customer needs.The quality development of Accelera Alpha R 17 tyre product is doneby using Quality Function Deployment method. The method is involving Analytic Network Process that enable products development completely on anticipating and emphasizing the customer needs. As for the goal of this research is to identificate customer's products needs, to determine the characteristics and to take the accurate aim, to arrange the priority that fit the custommer needs, and to know the related patterrn that linked together among the customer needs, between the characteristics and the customer needs, and among the characteristics so that the network structure can be formed.Based on the results of the processed data, it is known that there are nine characteristic of customer needs, those are inexpensive price, interesting design, comfortable, durability, anti slippery, elastic, unstoppable even if it is embeded by nail. Easy to get and t e nine technical characteristic, those are adjustable prices, tyre size that fit in the car, flower pattern, elongation at break, tread wideness, sidewall high, tubeless, breaker, amount of distributors. Each of them has each own importances. It is achieved by doing the ratio scale that formed a pairwise comparison matrix to detennined the importances in customer needs and technical characteristics attribute. The importances are devides into four, which are the determined importance of the customer needs attribute by controlling the goal of the products development process (WI matrix), the products of the technical characteristic attribute with the control of the customer needs attribute (W2 matrix), the importance of customer needs attribute with the control of the same customer needs attribute I innerdepend ence (W3 matrix), and the importance of technical characteristic attribute with the control of the same technical characteristic attribute I innerdependence (W4 matrix). Then the establishmen t of the customer needs interdependent priority matrix (We matrix)is formed by doing matrix multiplication of W3 and WI , and the establishment of the characteristic interdependent priorit y matrix by doing matrix multiplication of W4 and W2. after that, the result of relative importances and technical characteristic priority are formed by doing matrix multiplication of Wa and We.The result of elongation at break, breaker, and tubeless priority order is placed onthe top position compared to the other technical characteristics with relative importances are 0.2446, 0.2265, 0.1929, so that the company is expected to take more prority in improving the order technical characteriti cs.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?