Anteseden dan konsekuen dari kepercayaan pada Bank
P Penelitian ini membahas apakah ada pengaruh positif dan signifikan dari service fairness (outcome fairness, interactional fairness, dan procedural justice) terhadap trust yang selanjutnya akan mempengaruhi loyalty. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 200 orang responden yang telah menjadi nasabah PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA). Penelitian ini akan menggunakan skala pengukuran likert (skala yang mengukur persepsi, misalnya setuju atau tidak setuju seseorang terhadap serangkaian pernyataan yang berkaitan dengan keyakinan atau perilaku mengenai suatu objek tertentu). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengikuti kriteria tertentu. Alat analisa yang digunakan untuk menguji hipotesa adalah Structural Equation Modelling (SEM). Uji validitas dilakukan menggunakan Confirmatory Factor Analysis berdasarkan pada Kaiser Meyer Olkin Measure of Sampling Adequancy (KMO MSA). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Outcome fairness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap trust. (2) Interactional fairness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap trust. (3) Procedural fairness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap trust. (4) Trust mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalty. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi service fairness yang diberikan oleh karyawan bank maka akan semakin tinggi juga tingkat kepercayaan nasabah serta loyalitasnya. Bagi penelitian yang akan datang diharapkan untuk melakukan penelitian pada perhotelan atau restoran serta bidang jasa lainnya, dengan wilayah penelitian yang lebih luas.
This study discusses whether there is a positive and significant influence of service fairness (outcome fairness, interactional fairness, and procedural justice) to trusts which will further affect loyalty. The data in this study was obtained by distributing questionnaires to 200 respondents who have become customers of PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA). This study will use a Likert measurement scale (a scale that measures perceptions, eg agree or disagree a person against a series of statements Relating to beliefs or behaviors regarding a particular object). The sampling method used is non-probability sampling. Sampling is done randomly by following certain criteria. The analysis tool used to test the hypothesis is Structural Equation Modeling (SEM). The validity test was performed using Confirmatory Factor Analysis based on Kaiser Meyer Olkin Measure of Sampling Adequancy (KMO MSA). The results of this study are (1) Outcome fairness has a positive influence and Significant to trust. (2) Interactional fairness has a positive influence and Significant to trust. (3) Procedural fairness has a positive influence and Significant to trust. (4) Trusts have a positive and significant influence on loyalty. This shows that the higher service fairness given by the bank's employees will be higher also the level of customer trust and loyalty. Future research is expected to conduct research on hotels or restaurants as well as other service areas, with a wider area of ​​research.