Pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas layanan melalui komitmen organisasi karyawan Hotel Menara Penisula Jakarta
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan kerja terhadap kualitas layanan melalui komitmen organisasi karyawan hotel menara peninsula. Penelitian ini dilakukan pada karyawan Hotel Menara Peninsula, dimana responden dalam penelitian ini terdiri dari seluruh karyawan bagian Hotel Menara Peninsula yang terdiri dari 148 orang responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengujian hipotesa. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif dan juga SEM (Structural Equation Modelling) untuk menganalisis kepuasan kerja, kulaitas layanan, dan komitmen organisasi karyawan hotel menara peninsula. Dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 20 untuk menganalisis pengaruh dari kepuasan kerja terhadap kualitas layanan melalui komitmen organisasi pada karyawan hotel menara peninsula. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kepuasan kerja telah berjalan dengan cukup baik yang dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar dari nilai rata-rata diketahui nilai rata-rata adalah sebesar 4.2123 yang menunjukan bahwa karyawan memiliki kepuasan kerja yang baik. Untuk kualitas layanan diketahui nilai rata-rata sebesar 4.3367 yang menunjukan bahwa kualitas layanan karyawan Hotel MenaraPeninsula sudah cukup baik. Sementara itu komitmen organisasi pada karyawanhotel menara peninsula memiliki nilai rata-rata sebesar 4.0901 yang menunjukanbahwa para karyawan memiliki komitmen yang baik terhadap perusahaan. Hasilpenelitian juga menunjukan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh yang positifterhadap komitmen organisasi dengan nilai signifikan sebesar 0,002 <0,05, kepuasankerja juga memiliki pengaruh yang positif terhadap kualitas layanan dengan nilai signifikan sebesar sebesar 0,000 < 0,05, komitmen organisasi tidak memiliki pengaruh positif terhadap kualitas layanan dengan nilai signifikan sebesar 0,230 > 0,05, kepuasan kerja tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas layanan melalui komitmen organisasi dengan nilai signifikan sebesar 0,8283 > 0,05.
T This study aims to analyze the job satisfaction on the quality of service throughemployees' organizational commitment peninsula hotel tower. This research wasconducted on employees Menara Peninsula, where the respondents in this studyconsisted of all employees of the Hotel Menara Peninsula consisting of 148respondents. This study uses a quantitative approach to hypothesis testing. Dataanalysis method used in this research is using descriptive statistics as well as SEM(Structural Equation Modeling) to analyze job satisfaction, quality service, andorganizational commitment of employees of the hotel tower peninsula. By using SPSSversion 20 for analyzing the effect of job satisfaction on the quality of servicethrough the organization's commitment to the employees of the hotel towerpeninsula. Results of the study showed that job satisfaction has been running wellenough to be seen from the average value of the average value of the average valuegiven is at 4.2123 which indicates that the employee has a good job satisfaction.Known for the quality of services the average value of 4.3367 which indicates thatthe quality of service employees Menara Peninsula is good enough. While theorganization's commitment to employee peninsula tower hotel has an average valueof 4.0901 which indicates that the employee has a good commitment to the company. The results also showed that job satisfaction has a positive influence onorganizational commitment to the significant value of 0.002 <0.05, job satisfactionalso have a positive influence on the quality of service with a significant value of0.000 <0.05, organizational commitment has no effect positively to the quality ofservice with a significant value of 0.230> 0.05, job satisfaction has no influence onthe quality of service through the organization's commitment to the significant valueof0.8283>0.05.