Hubungan sleep hygiene dan prestasi akademik pada siswa sma
G GIndikator keberhasilan siswa selama menempuh pendidikan di sekolah ditunjukkan dengan nilai prestasi akademik. Banyak faktor yang memengaruhi nilai prestasi akademik diantaranya lama waktu tidur (kuantitas tidur) dan sleep hygiene dari siswa. Kurangnya durasi tidur maupun sleep hygiene yang buruk dapat menurunkan konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran serta mengganggu memori dan kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sleep hygiene dan prestasi akademik pada siswa SMA. Selain itu, untuk memperoleh gambaran minimum lama waktu tidur yang berdampak positif terhadap prestasi akademik.METODEPenelitian ini menggunakan analitik observasional dan metode potong lintang terhadap 151 siswa kelas X yang dipilih secara random sampling di SMAN 78 Jakarta pada bulan Februari 2024. Kuesioner yang dipakai adalah Sleep Hygiene Index (SHI) untuk mengetahui kategori sleep hygiene siswa sedangkan prestasi akademik dari nilai Indeks Prestasi (IP) rapor tengah semester 2 genap 2023/2024 dan lama waktu tidur berdasarkan isian siswa. Analisis bivariat menggunakan uji statistik Chi-square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05.HASILTerdapat 99 siswa (65,6%) memiliki sleep hygiene sedang dan 111 siswa (73,5%) mengalami lama waktu tidur buruk. Untuk prestasi akademik berkategori cukup sebanyak 78 siswa (51,7%). Uji statistik Chi-square memperlihatkan adanya hubungan bermakna antara sleep hygiene dan lama waktu tidur dengan prestasi akademik siswa dimana masing-masing p-Value = 0,003 dan 0,000.KESIMPULANPenelitian ini menyimpulkan terdapat hubungan antara sleep hygiene dan lama waktu tidur (kuantitas tidur) dengan prestasi akademik pada siswa SMA.
S Student’s success indicator during study at school is depicted by their academic performance. Many factors impact on academic performance, among others are student’s sleep duration (sleep quantity) and sleep hygiene. Insufficient sleep duration as well as bad sleep hygiene could lower student’s concentration on receiving lesson and disrupt their memory and cognitive. This research’s purpose is to find out association of sleep hygiene and academic performance in senior high school student. Furthermore, to get description about minimum sleep duration impacting positively on academic performance.METHODThis research used an observational analysis and cross sectional method on 151 students of class X picked by random sampling at SMAN 78 Jakarta in February 2024. Utilized questionnaire is Sleep Hygiene Index (SHI) to identify student’s sleep hygiene category while academic performance comes from grade point average of the 2023/2024 second mid semester and sleep duration based on student’s answer. Bivariate analysis applies Chi-square statistic test with α = 0.05 level of significance.RESULTSThere are 99 students (65.6%) having moderate sleep hygiene and 111 students (73.5%) possess bad sleep duration. For adequate categorized academic performance, it amounts to 78 students (51.7%). Chi-square statistic test reveals there is close association between sleep hygiene, also sleep duration, with student’s academic performance whereas p-Value of 0.003 and 0.000 respectively.CONCLUSIONThis research concludes there is relationship between sleep hygiene, also sleep duration (sleep quantity), with academic performance in senior high school student.