Analisa dan penerapan quality fuction deloyment dalam peningkatan kualitas pelayanan dengan menggunakan pendekatan fuzzy hp (fuzzy pairwise camparison) di PT. Wom Finance
Penerbit : FTI - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2005
Pembimbing 1 : Andri Bagio
Subyek : Service industries – quality control
Kata Kunci : service industries, quality control, quality fuction deloyment, fuzzy pairwise camparison
Status Posting : Published
Status : Tidak Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2005_TA_STI_06301104_Halaman-Judul.pdf | ||
2. | 2005_TA_STI_06301104_Lembar-Pengesahan.pdf | ||
3. | 2005_TA_STI_06301104_Bab-1_Pendahuluan.pdf | ||
4. | 2005_TA_STI_06301104_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf |
|
|
5. | 2005_TA_STI_06301104_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf |
|
|
6. | 2005_TA_STI_06301104_Bab-4_Pengumpulan-dan-Pengolahan-Data.pdf |
|
|
7. | 2005_TA_STI_06301104_Bab-5_Analisa-dan-Usulan.pdf |
|
|
8. | 2005_TA_STI_06301104_Bab-6_Pengolahan-Data.pdf | ||
9. | 2005_TA_STI_06301104_Daftar-Pustaka.pdf | ||
10. | 2005_TA_STI_06301104_Lampiran.pdf |
|
S Sepeda motor saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat Indonesia . Permintaan sepeda motor yang terus meningkat akibat masih buruknya sarana transportasi publik dan besarnya prop0rsi penduduk dengan usia bckerja menyebabkan peluang bisnis di sektor ini masih sangat menjanjikan . PT. Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen, lebih khususnya adalah pembiayaan kredit sepeda motor. Adanya persaingan yang ketat dari para kompetitor menyebabkan setiap perusahaan pembiayaan harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen . Perusahaan harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari konsumen agar dapat meningkatkan kualitas pelayanannya dengan tujuan agar kepuasan konsumen dapat tercapai.Metode Q11alily Function Deployment merupakan metode yang dapat digunakanuntuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen dan kemudian menerjemahkannya ke dalam karakteristik desain produk perusahaan. Dari metode ini juga dapat diketahui hubungan serta urutan prioritas karakteristik jasa dan atribut kebutuhan konsumen yang harus mendapat perhatian lebih dari perusahaan .Dari hasil penyebaran kuesioner pendahuluan yang dilakukan diperoleh 14 atributkebutuhan konsumen yang menjadi dasar pertimbangan konsumen dalam memilih jasa pembiayaan . Atribut - atribut ini kemudian ditentukan bobot kepentingannya dengan menggunakan metode Fuzzy AHP, yaitu menggunakan Fuz=y Pairwise Comparison. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak perusahaan diperoleh 20 karakteristik jasa dari perusahaan yang dapat diketahui tingkat kepentingannya masing - masing dari hasil perhitungan tingkat kepentingan absolut dan relatif.Dari House of Quality yang dibuat maka dapat diketahui jenis hubungan yangterjadi antara atribut kebutuhan konsumen dengan karakteristik jasa, maupun hubungan antar karakteristik jasa. Selain itu juga dapat diketahui nilai target, arah perbaikan , tingkat kesulitan organi sasi untuk masing - masing karakteristik jasa, dan posisi peru sahaan terhadap pesaingnya untuk masing - masing atribut. Bobot kepentinga n atribut dan jenis hubungan yang terjadi antara atribut kebutuhan konsumen dengan karakteristik jasa yang sudah didapat sebelumnya akan menjadi dasar dalam menentukan tingkat kepentingan absolut dan relatif.Berdasarkan informasi yang diperoleh dari HOQ diharapkan dapat membantuperusahaan dalam mengambil keputusan tindakan - tindakan yang harus dilakukan untuk dapat selalu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya.
I In Indonesia, nowadays, motorcycle has become one of the community \'s primary needs. The increase of demand on motorcycle, as a result of the poor public transportation facilities and large proportion of working age population, making this sector has a potential prospect. Wahana Ottomitra Multiartha, well-known as WOM F\'.nance, is a company moving in consumer financing business, spesifically in motorcycie financing. The tight competition among the financing industry make every financing company must give their best service to the customers. A company must understand the needs of the customers to be able to improve the level of their service and therefore aim customer satisfaction.A method of Quality Function Deployment is a method used to identify the needsof the customers and then convert it to the design characteristic of the product. From this method we can also find the relationship and the priority ranks of the service characteristic and the consumer need attributes that need more attention from the company.From preliminary questionaire, 14 consumer need attributes identified to be the major consumer\'s consideration before they choose a financing service. Afterward, using one of the Fuzzy AHP method, which is Fuzzy Pairwise Comparison, the weight importance for these attributes can be determined. Based on the interview with the company, 20 service characteristic of the company is known, in which their level of importance can be calculated from their absolut and relative importance.The House of Quality that has been made shows the relationship of the consumerattributes and the service characteristics, and also the relationship among the service characteristics itself. Moreover, the matrices also shows the target value, direction of improvement, organizational difficulty for each service characteristics, and the company\'s position among its competitor in each attributes. The attribute\'s weight of importance and the type of relationship that exist between the consumer need attributes along with the service characteristic that have found before will be the basis to determine the absolut and relative importance.The information given by the HOQ matrices proposed to help the company makingthe right decisions and the right actions in order to always give excellent service to thecustomers.