DETAIL KOLEKSI

Pemberian merek kolektif kopi arabika gayo oleh Uni Eropa berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis


Oleh : Fadiel Muhammad

Info Katalog

Nomor Panggil : 2018/I/030

Penerbit : FH - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Aline Gratika Nugrahani

Subyek : Right of property - Law and legislation

Kata Kunci : intellectual property rights, collective marks, geographical indications

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_HK_010001400155_Halaman-Judul.pdf
2. 2018_TA_HK_010001400155_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2018_TA_HK_010001400155_Bab-1.pdf 13
4. 2018_TA_HK_010001400155_Bab-2.pdf
5. 2018_TA_HK_010001400155_Bab-3.pdf
6. 2018_TA_HK_010001400155_Bab-4.pdf
7. 2018_TA_HK_010001400155_Bab-5.pdf
8. 2018_TA_HK_010001400155_Daftar-Pustaka.pdf 3
9. 2018_TA_HK_010001400155_Lampiran.pdf

K Kopi Arabika Gayo memiliki sartifikat Indikasi Geografis dan kemudian memiliki sartifikat Merek Kolektif yang menimbulkan permasalahan. Apakah Indikasi Geografis dapat dipergunakan untuk merek kolektif menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dan Apakah Kopi Arabika Gayo merupakan Indikasi Geografis atau Merek Kolektif menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian secara Normatif terhadap peraturan perundang-undangan yang mendasarinya dengan sifat penelitian Deskriptif Analitis. Data yang digunakan menggunakan data sekunder dan pengolahan yang dilakukan menggunakan metode kualitatif. pengambilan kesimpulan dilakukan secara logika deduktif. Hasil penelitian ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis yang menunjukan bahwa tidak terdapat larangan mengenai Indikasi Geografis menjadi Merek Kolektif namun sejatinya terdapat perbedaan yang mendasar antara keduanya baik yang bersifat substantif maupun administratif sehingga Indikasi Geografis tidak sesuai jika dijadikan Merek Kolektif dan Kopi arabika gayo lebih sesuai menjadi Indikasi Geografis karna dihasilkan berdasarkan faktor alam yang menghasilkan reputasi, kualitas dan karakteristik yang tidak dimiliki oleh wilayah lain diluar geografis tersebut.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?