DETAIL KOLEKSI

Perancangan model bisnis pada rencana pengembangan usaha knalpot “Ironcrafts Performance”


Oleh : Alfian Putera Susanto

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Pembimbing 2 : Anik Nur Habyba

Subyek : Strategic planning;Automobiles - Motors - Exhaust systems

Kata Kunci : design thinking, problem statement canvas, value proposition canvas, lean canvas, blue ocean strateg

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_STI_063001600074_Halaman-Judul.pdf 12
2. 2021_TA_STI_063001600074_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2021_TA_STI_063001600074_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2021_TA_STI_063001600074_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2021_TA_STI_063001600074_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_STI_063001600074_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2021_TA_STI_063001600074_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2021_TA_STI_063001600074_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2021_TA_STI_063001600074_Lampiran.pdf

P Perancangan Model Bisnis pada rencana pengembanganusaha knalpot “Ironcrafts Performance”Ironcrafts Performance merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang otomotif khususnya produksi knalpot untuk kendaraan roda empat bagi penggemar modifikasimobil. Permasalahan yang dihadapi yaitu usaha Ironcrafts Performance perlumendefinisikan kembali bisnisnya agar dapat terus berkembang. Tujuan dari penelitianini yaitu mendapatkan suatu model bisnis baru serta menguji kelayakan pengembanganbisnis dari Ironcrafts Performance. Dalam merancang model bisnis pendekatan yangdigunakan adalah Design Thinking, yang dimulai dari Problem Statement Canvas, ValueProposition Canvas, Lean Canvas Dan Blue Ocean Strategy serta uji kelayakanpengembangan bisnis. Identifikasi masalah yang layak untuk dipecahkan yaitu saatkendaraannya menjadi terlalu berisik konsumen memiliki pilihan berbagai variasi knalpotdari Ironcrafts Performance. Gain yang didapat pada emphaty map yaitu konsumen ingintampilan kendaraannya menjadi lebih menarik dan mendapatkan after sales service yangbaik. Kemudian diperolehnya hasil jobs to be done pada tahap define yaitu Menawarkanvarian model produk baru dan inovasi produk untuk mengurangi kebisingan. Pada tahapideate yaitu menggunakan tool Value Proposition Canvas. Kemudian pada tahap LeanCanvas dapat memetakan 9 elemen sehingga mendapatkan revenue streams yaitu daripenjualan produk, jasa pemasangan dan jasa repair. Penggunaan Blue Ocean Strategypada tahap validasi menciptakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh pesaing yaituinovasi produk pulse chamber exhaust dan menciptakan website untuk membantu promodan penjualan. Hasil uji kelayakan bisnis dengan biaya investasi sebesar Rp.928.340.000.didapatkan hasil Break Event Point sebesar 307 unit (lebih kecil dari kapasitas produksisaat ini, Net Present Value bernilai positif sebesar Rp.884.149.509,48. Internal Rate ofReturn sebesar 57,3% di atas bunga bank, Payback Period selama 1 tahun 3 bulan,Berdasarkan hasil yang didapatkan maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan bisnisIroncrafts Performance layak dikembangkan.

B Business Model Design On Development plan Of The ExhaustBusiness “Ironcrafts Performance”Ironcrafts Performance is a business engaged in the automotive sector, especially theproduction of exhaust for four-wheeled vehicles for car modification enthusiasts. Theproblem faced is that the Ironcrafts Performance business needs to redefine its businessso that it can continue to grow. The purpose of this research is to obtain a new businessmodel and test the feasibility of developing a business from Ironcrafts Performance. Indesigning a business model, the approach used is Design Thinking, starting with theProblem Statement Canvas, Value Proposition Canvas, Lean Canvas and Blue OceanStrategy as well as business development feasibility tests. Identify a problem worthsolving when the vehicle becomes too noisy the consumer has a choice of variousexhaust variations from Ironcrafts Performance. The gain obtained on the emphaty mapis that consumers want the appearance of their vehicle to be more attractive and getgood after sales service. Then get the results of jobs to be done at the define stage,namely offering new product model variants and product innovation to reduce noise.At the ideate stage, namely using the Value Proposition Canvas tool. Then at the LeanCanvas stage you can map 9 elements so that you get revenue streams, namely fromproduct sales, installation services and repair services. The use of the Blue OceanStrategy at the validation stage creates advantages that are not owned by competitors,namely the innovation of the pulse chamber exhaust product and creating a website tohelp with promotions and sales. The results of the business due diligence with aninvestment cost of Rp. 928,340,000. The results obtained Break Event Points of 307units (smaller than the current production capacity, Net Present Value is positive at Rp.884,149,509.48. Internal Rate of Return of 57.3% above bank interest, Payback Periodfor 1 year. 3 months. Based on the results obtained, it can be stated that the developmentof the Ironcrafts Performance business is feasible to develop.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?