DETAIL KOLEKSI

Kajian penggunaan bahan bakar solar pada dump truck dalam proses pengupasan material overburden batubara di PT Indomining, Sangasanga, Kutai Kartanegara, Kaltim

1.7


Oleh : Alwan Ramadhan

Info Katalog

Nomor Panggil : 639/TT/2019

Penerbit : FTKE - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Masagus Ahmad Azizi

Pembimbing 2 : Subandrio

Subyek : Diesel fuels

Kata Kunci : Fuel ratio, road grade, productivity, fuel

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_TB_073001400007_Halaman-judul.pdf
2. 2019_TA_TB_073001400007_Bab-1.pdf
3. 2019_TA_TB_073001400007_Bab-2.pdf
4. 2019_TA_TB_073001400007_Bab-3.pdf
5. 2019_TA_TB_073001400007_Bab-4.pdf 12
6. 2019_TA_TB_073001400007_Bab-5.pdf
7. 2019_TA_TB_073001400007_Daftar-pustaka.pdf
8. 2019_TA_TB_073001400007_Lampiran.pdf

K Kegiatan penambangan dengan menggunakan alat angkut tidak terlepas daripenggunaan bahan bakar solar yang akan berpengaruh terhadap produktivitaspenamambang.Pemakaian bahan bakar di PT.Indomining mencapai 60% dariseluruh unit cost penambangan.Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkankonsumsi bahan bakar yang dikeluarkan oleh alat angkut terhadap kemiringan jalandan jarak angkut yang dilewati serta mengetahui nilai fuel ratio pada kegiatanpemuatan dan pengangkutan Overburden.Alat angkut yang digunakan dalamproses Overburden adalah Dump Truck 773E CAT.Penelitian ini dilakukan padadua border yang berbeda yakni border IPD (In Pit Dump) yang memiliki overallgrade jalan sebesar -5% dan pada border OPD (Out Pit Dump) yang memilikioverall grade jalan sebesar 3.29%. Rata-rata produktivitas alat angkut pada borderIPD adalah sebesar 445 bcm/jam dan pada border OPD adalah sebesar 420bcm/jam. Rata-rata penggunaan bahan bakar alat angkut pada border IPD adalahsebesar 264.3 liter/jam dan pada border OPD adalah sebesar 288.2 liter/jam. Ratarataproduktivitas alat angkut setelah perbaikan metode rimpull pada border IPDadalah sebesar 580 bcm/jam dan pada border OPD adalah sebesar 490 bcm/jam.Rata-rata penggunaan bahan bakar alat angkut pada border IPD adalah sebesar264.3 liter/jam dan pada border OPD adalah sebesar 288.2 liter/jam.Fuel ratio yangdidapatkan setelah perhitungan pada kedua border adalah pada border IPD sebesar0.59 liter/bcm dan pada border OPD adalah sebesar 0.69 liter/bcm.Fuel ratio yangdidapatkan setelah perbaikan dengan rimpull pada kedua border adalah pada borderIPD adalah 0.46 liter/bcm dan pada border OPD adalah 0.59 liter/jam.

M Mining activities using transportation equipment are inseparable from theuse of diesel fuel which will affect the productivity of miners. The use of fuel in PT.Indiningining reaches 60% of all mining unit costs. This study aims to maximizefuel consumption issued by the conveyance to the slope of the road and the haulingdistance that is passed and to know the value of the fuel ratio in Overburden loadingand transport activities. The conveyance used in the Overburden process is the773E CAT Dump Truck. This study was conducted on two different borders, namelyborder IPD (In Pit Dump) which has road grade overall of -5% and on OPD (OutPit Dump) border which has a road grade overall of 3.29%. The averageproductivity of conveyance on the border IPD is 445 bcm / hour and at the borderof OPD is 420 bcm / hour. The average fuel use for transportation on the borderIPD is 264.3 liters / hour and at the OPD border is 288.2 liters / hour. The averageproductivity of transport equipment after the rimpull repair on the border IPD is580 bcm / hour and on the OPD border is 490 bcm / hour. The average transportusage of fuel on the border IPD is 264.3 liters / hour and on the OPD border is288.2 liters / hour. The fuel ratio obtained after calculation on both borders is onthe border IPD of 0.59 liters / bcm and on the border OPD is 0.69 liter / bcm. Thefuel ratio obtained after repairs with rimpull on both borders is at the border IPDis 0.46 liters / bcm and at the border OPD is 0.59 liters / hour.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?