DETAIL KOLEKSI

Usulan perbaikan kualitas produk ikat pinggang berdasarkan quality function development di PT Sinar Sakti Union


Oleh : Fendy

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Johnson Saragih

Pembimbing 2 : Pudji Astuti

Subyek : The belts manufacturing industry;The priority value - consumer needs

Kata Kunci : belts, quality function deployment, analytical network process, zero-one goal programming.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_TI_06308065_Halaman-Judul.pdf
2. 2012_TA_TI_06308065_Bab1.pdf
3. 2012_TA_TI_06308065_Bab2.pdf
4. 2012_TA_TI_06308065_Bab3.pdf
5. 2012_TA_TI_06308065_Bab4.pdf
6. 2012_TA_TI_06308065_Bab5.pdf
7. 2012_TA_TI_06308065_Bab6.pdf
8. 2012_TA_TI_06308065_Bab7.pdf
9. 2012_TA_TI_06308065_Bab8.pdf
10. 2012_TA_TI_06308065_Daftar-Pustaka.pdf
11. 2012_TA_TI_06308065_Lampiran.pdf

P PT Sinar Sakti Union sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur ikat pinggang, turut berkompetisi untuk menjadi produsen yang terbaik dan menguasai pangsa pasar. Untuk itu, perusahaan perlu untuk melakukan pengembangan terhadap kualitas produk yang dibutuhkan konsumen sebab kualitas produk sebanding dengan kepuasan konsumen.Dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), maka proses dimulai dan mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menerjemahkannya menjadi karakteristik teknis produk. Untuk mengetahui tingkat kepentingan konsumen, maka perlu ditinjau suatu keterkaitan hubungan interdependencies antara kebutuhan konsumen terhadap fungsi tujuan, innerdependencies antar sesama kebutuhan konsumen, interdependencies kebutuhan konsumen terhadap karakteristik teknis, dan innerdependencies antar sesama karakteristik teknis. Hal tersebut membentuk struktur berupa jaringan, sehingga melalui pendekatan Analytical Network Process (ANP) akan diperoleh bobot setiap hubungan.Kemudian, permasalahan pengembang- produk dilanjutkan dengan metode Zero One Goal Programming (ZOGP) yang beituk untuk -nendapatkan tingkat prioritas terhadap pertimbangan kebutuhan yang perlu dikembanBerdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan 8 atribut kebutuhan konsumen dan 12 karakteristik teknis produk. Hasil menunjukkan bahwa kebutuhan konsumen yang utama yaitu \"Desain Bentuk yang Menarik\" aengan tingkat kepentingan 19,15% diikuti karakteristik teknis yang terpenting adalah \"Kekuatan\" dengan tingkat kepentingan 23,04%. Berdasarkan hasil pengolahan model ZOGP, karakteristik yang perlu dikembangkan adalah desain bentuk kepala, tambahan aksesoris, pilihan warna bermacam-macam, penggunaan benang berkualitas, kekuatan, bahan menyerap noda, tahan air, bobot, bentuk permukaan, dan tebal ikat pinggang. Sementara itu, usulan Pengembangan yang dilakukan adalah membentuk desain kepala ikat pinggang yang barn, menambahkan aksesoris pada ikat pinggang, menambah pilihan warna tali, menggunakan benang barn yang berkualitas tinggi, dan membentuk desain ikat pinggang yang barn.

P PT Sinar Sakti Union as one of the belts manufacturing industry, surely compete with other companies to become the best producer and market share. Therefore, company needs to do product-quality development that is suitable with consumer needs because the quality is as equivalent as the consumer satisfaction.By using Quality Function Deployment (QFD) method, the process starts from the identification of consumer needs and translate them into technical characteristics of the product. To get the value of consumers\' priority, it is needed to create the interdependencies between consumer needs and goal, innerdependencies among consumer needs, interdependencies between consumer needs and technical characteristics, and innerdependencies among the technical characteristics. Consumer needs and the technical characteristics form a network structure, so by using Analytical Network Process (ANP) approach, it results the weight of networks.Then, the problems of product development can be continued by using Zero One Goal Programming (ZOGP) method which results the priority value of the consumer needs, that will be used as decision making.Based on the results of data processing, there is eight attributes of consumer needs and 12 technical characteristics of products. The most important consumer need is \"Attractive Form Design \" with 19.15% interest rate and the most important is the \"The Power of Belts\" with 23.04% interest rate. Based on the results of processing ZOGP model, characteristics that need to be developed is the design of buckles, additional accessories, a variety of color choices, the use of yam quality, strength, stain absorbing material, waterproof, the weights, surfaces form, and the thick of belts. The development proposal that I suggest is to make a new buckle design, add accessories to the buckle, add the color choices, using new high-quality yam, and form a new buckle strap design.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?