DETAIL KOLEKSI

Peningkatan kualitas tempat penjemputan dan penurunan penumpang ojek daring berdasarkan preferensi pengguna dan pengemudi di Stasiun Bekasi

2.0


Oleh : R. Rifandy Pangestu

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Rahel Situmorang

Pembimbing 2 : Yayat Supriyatna

Subyek : Transportation - Public relations

Kata Kunci : quality improvement, public transportation, online motorcycle taxi.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_SPW_083001600025_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_SPW_083001600025_Lembar-pengesahan.pdf
3. 2020_TA_SPW_083001600025_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_TA_SPW_083001600025_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_SPW_083001600025_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_SPW_083001600025_Bab-4_Gambaran-Umum.pdf
7. 2020_TA_SPW_083001600025_Bab-5_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
8. 2020_TA_SPW_083001600025_Bab-6_Simpulan-dan-Saran.pdf
9. 2020_TA_SPW_083001600025_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2020_TA_SPW_083001600025_Lampiran.pdf

O Ojek online adalah sebuah kendaraan beroda dua yang disediakan untukkepentingan masyarakat yang disediakan oleh penyedia jasa (Permenhub No.12Tahun 2017). Saat ini Ojek online banyak dipilih sebagai moda transportasiperkotaan karena kemudahan penggunaannya, tariff yang murah, banyak tersedia,hingga mudah didapat karena tidak menggunakan system trayek. Namun, ojekonline yang menurunkan penumpang secara bebas menimbulkan kurang teraturnyaojek online di tempat padat mobilitas. Oleh karena itu, lokasi khusus diperlukanagar aktivitas ini berjalan tertib. Kota Bekasi dipilih sebagai obyek studi karenamerupakan asal komuter terbesar ketiga di Jabodetabek yaitu 11,44% (BPS, 2019).KRL merupakan pilihan terbanyak komuter dari Kota Bekasi, sebagian komutermenggunakan ojek online dalam perjalanan dari rumah ke stasiun dan sebaliknya.Namun, dibongkarnya pemberhentian ojek online untuk revitalisasi stasiunmenyebabkan aktivitas ojek online dilakukan tidak tertib dan menyebabkanhambatan samping. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis lokasi alternatifpenjemputan dan penurunan ojek online berdasarkan preferensi pengguna danpengemudi. Metoda analisis yang digunakan adalah pembobotan, skoring danspasial. Hasil analisis menunjukkan preferensi penumpang dan pengemudi untukpenjemputan adalah : tengaran, kemanan, ketertiban, kenyamanan, jarak.Sedangkan preferensi penumpang dan pengemudi untuk lokasi penurunan adalah :tengaran, jarak, keamanan, ketertiban, kenyamanan. Titik yang dapat dijadikanlokasi penjemputan penumpang di Jalan Juanda yaitu Indomart Juanda dan RukoCad, sedangkan okasi dapat dijadikan lokasi penurunan yaitu Indomart Juanda danPempek Gaby. Lokasi yang dapat dijadikan lokasi penjemputan dan penurunan olehpenumpang dan pengemudi di Jalan Perjuangan adalah Indomart Perjuangan.

A An online motorcycle taxi is a two-wheeled vehicle provided for the benefit of thecommunity provided by service providers (Permenhub Num.12 of 2017). Currentlyonline motorcycle taxi is widely chosen as a mode of urban transportation becauseof its ease of use, low rates, widely available, so it is easy to obtain because it doesnot use a route system. However, online motorcycle taxis, which can drop offpassengers freely, causing online motorcycle taxi to be less orderliness in placeswhere there is a lot of mobility. Therefore, a special location is needed for thisactivity to run in an orderly manner. Bekasi City was chosen as the object of studybecause it is the third largest commuter origin in Jabodetabek, namely 11.44%(BPS, 2019). KRL is the most preferred choice for commuters from Bekasi City,some commuters use an online motorcycle taxi on their way from home to thestation and vice versa. However, the dismantling of the online motorcycle taxi stopto revitalize the station caused online motorcycle taxi activities to be carried outdisorderly and caused side obstacles. The purpose of this study was to analyzealternative locations for pick-up and drop-off of online motorcycle taxis based onuser and driver preferences. The analysis methods used are weighting, scoring andspatial. The results of the analysis show that the passenger and driver preferencesfor pick-up are: transportation, safety, order, comfort, distance. Meanwhile,passenger and driver preferences for drop off locations are: road, distance, security,order, comfort. Points that can be used as pick-up locations for passengers on JalanJuanda are Indomart Juanda and Ruko Cad, while the locations can be used as dropoff locations, namely Indomart Juanda and Pempek Gaby. The location that can beused as a pick-up and drop-off location for passengers and drivers on JalanPerjuangan is Indomart Perjuangan.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?