Hubungan lama penggunaan media sosial dengan ketidakpuasan bentuk tubuh pada remaja wanita kelas XII
R Remaja adalah individu dengan rentang usia 10-18 tahun. Masa remaja adalah masa yang sangat besar kemungkinan seseorang mengalami ketidakpuasan akan bentuk tubuh. Ketidakpuasan bentuk tubuh dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yang paling sering ditemukan menjadi penyebab munculnya ketidakpuasan pada tubuh adalah media. Media sosial adalah media online yang digunakan untuk berkomunikasi dimana penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan berinteraksi satu sama lain membagikan cerita kehidupan sehari-hari secara online.METODEPenelitian ini dilakukan terhadap 109 remaja wanita kelas XII pada bulan Maret – Mei 2021 di SMA N 1 Ketapang Kalimantan Barat. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner durasi penggunaan media sosial dan ketidakpuasan bentuk tubuh di ukur dengan Body Shape Questionaire (BSQ-34). Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan model cross sectional. Hubungan lama penggunaan media sosial dengan ketidakpuasan bentuk tubuh akan dianalisis menggunakan Uji Chi-Square.HASILResponden dengan tingkat penggunaan media sosial kategori ringan sebanyak 33 orang (30,3%), sedang-berat sebanyak 76 orang (69,7%). Responden yang tidak perhatian dengan bentuk tubuhnya 40 orang (36,6%), sedangkan yang mengalami perhatian terhdap bentuk tubuh sebanyak 69 orang (63,3%). Uji Chi-Square didapatkan nilai p = 0.001 yang menandakan adanya hubungan signifikan antara durasi pemakaian media sosial dengan perhatian terhadap bentuk tubuh.KESIMPULANPenelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan lama penggunaan media sosial dengan ketidakpuasan bentuk tubuh pada remaja wanita kelas XII
A Adolescents are individuals with an age range of 10-18 years. Adolescence is a time of great opportunity to experience body shape. Body shape dissatisfaction is influenced by internal and external factors. The external factor that is most often found to be the cause of the appearance on the body is the media. Social media is an online media used to communicate where users can easily participate and interact with each other by sharing stories of daily life online.METHODThis research was conducted on 109 teenage girls in grade XII in March-May 2021 at SMA N 1 Ketapang, West Kalimantan. The measuring instrument used is a questionnaire on the duration of social media use and body shape dissatisfaction measured by the Body Shape Questionnaire (BSQ-34). This research is an observational analytic study using a cross-sectional model. The long-standing relationship of social media use with body shape dissatisfaction will be analyzed using the Chi-Square Test.RESULTRespondents with the light category of social media use were 33 people (30.3%), moderate-heavy were 76 people (69.7%). Respondents who did not pay attention to their body shape were 40 people (36.6%), while those who experienced attention to body shape were 69 people (63.3%). The Chi-Square test obtained p-value = 0.001 which indicates a significant relationship between the duration of social media use and attention to body shape.CONCLUSIONThis study concluded that there is a long-standing relationship between the use of social media and body shape dissatisfaction in adolescent girls in class XII.