Optimalisasi struktur rangka bus Bandung city tour dengan analisa metode elemen hingga
B Bandung adalah kota yang memiki banyak potensi pariwisata. Bus tingkat adalah sebagai sarana kepada turis lokal maupun mancanegara untuk menikmati suasana kota Bandung [2]. Dalam perancangan sebuah struktur bodi bus, harus dipertimbangkan beban operasional maksimum yang dapat ditopang sebuah bus [3]. Dalam praktisnya, kendaraan umum seperti bus ini tingkat seringkali digunakan untuk kegiatan-kegiatan kota yang mana pembebanan yang dialami bodi bus jauh lebih besar dari kapasitas operasional maksimum nya. Fenomena tersebut dinamakan beban penuh dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini dibahas mengenai optimasi rangka bus \"Bandung City Tour\" dengan permodelan CAD secara 3 dimensi, yang disimulasikan dengan pembebanan statis sehingga diperoleh hash! tegangan, defleksi maksimum beserta lokasinya dan faktor pengaman. Dengan memvariabelkan bentuk profil, batangpenyusun rangka dan ketebalan batang, maka diperoleh bentuk rangkayang optimal untuk pembebanan penuh, yang mana rangka memliki faktorpengaman memenuhi kriteria, yaitu .rangka dengan clamp U channel beam ukuran 100mmx5Ommx5rrin dar, clamp tube berdiameter 1.5 inchi dengan tebal 3mm.
B Bandung has a lot of tourism assets. Double Decker bus is the tool for the travellers to relish Bandung's Tourism and Ambience [2]. Designing a frame structure of bus's body, need to be defined an operational maximum capacity. Practically, as a public transportation, Double decker bus often used for city\'s event or celebration which the load rechieved by the body frame structure is bigger than the operation load [3]. This phenomena define as full load in this research. this research is about modeling optimation of body frame structure "Bandung City Tour" bus with CAD 3D which simulate as static case. The outcome of this research can be defined as maximum stress, maximum displacement with a critical location, and safety factor. by the various of shape of beam's profile, beam's structure, and the thickness of beam, can be defined the proper frame structure with the full loaded which categorized as a safe design, is the frame structure with cramp U channel beam size 50mmx100mmx5mm and clamp tube diameter of 1.5 inch thickness 3 mm.