Perancangan buku ilustrasi interaktif “permainan tradisional indonesia†sebagai media pelestarian budaya dan edukasi anak
Penerbit : FSRD - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2025
Pembimbing 1 : Menul Teguh Riyanti
Pembimbing 2 : Heryani Wahyuningrum
Subyek : Graphic arts;Book design;Book design-Interactive multimedia
Kata Kunci : Traditional games, interactive illustration book, early childhood, cultural education, visual media
Status Posting : Published
Status : Lengkap
| No. | Nama File | Hal. | Link |
|---|---|---|---|
| 1. | 2025_SK_SDK_091302100040_Halaman-Judul.pdf |
|
|
| 2. | 2025_SK_SDK_091302100040_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf | 1 | |
| 3. | 2025_SK_SDK_091302100040_Surat-Hasil-Similaritas.pdf | 1 | |
| 4. | 2025_SK_SDK_091302100040_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf | 1 | |
| 5. | 2025_SK_SDK_091302100040_Lembar-Pengesahan.pdf | 1 | |
| 6. | 2025_SK_SDK_091302100040_Pernyataan-Orisinalitas.pdf | 1 | |
| 7. | 2025_SK_SDK_091302100040_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf | 1 |
|
| 8. | 2025_SK_SDK_091302100040_Bab-1.pdf | ||
| 9. | 2025_SK_SDK_091302100040_Bab-2.pdf |
|
|
| 10. | 2025_SK_SDK_091302100040_Bab-3.pdf |
|
|
| 11. | 2025_SK_SDK_091302100040_Bab-4.pdf |
|
|
| 12. | 2025_SK_SDK_091302100040_Bab-5.pdf |
|
|
| 13. | 2025_SK_SDK_091302100040_Bab-6.pdf | ||
| 14. | 2025_SK_SDK_091302100040_Daftar-Pustaka.pdf | 5 | |
| 15. | 2025_SK_SDK_091302100040_Lampiran.pdf |
|
I Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan warisan budaya dan tradisi dari sabang sampai merauke, termasuk berbagai permainan tradisional nusantara yang perlu dilestarikan. namun, perkembangan teknologi telah membuat minat anak terhadap permainan tradisional cenderung menurun. buku ilustrasi interaktif “yuk main! permainan tradisional indonesia†dirancang sebagai media kreatif untuk memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak usia 6–8 tahun. penelitian dan proses perancangan menunjukkan bahwa pendekatan visual dengan ilustrasi yang atraktif dan elemen interaktif merupakan metode yang efektif dalam menyampaikan materi secara menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data meliputi penyebaran kuesioner, studi literatur, serta pendekatan desain melalui tahapan design thinking. hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan visual interaktif yang memadukan ilustrasi menarik, warna yang atraktif, serta fitur interaktif seperti push and pull slide dan peek-a-boo, efektif dalam menarik minat anak terhadap konten edukatif. buku ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana pembelajaran, tetapi juga sebagai media kreatif dalam melestarikan nilai-nilai budaya indonesia.
I Indonesia is an archipelagic country rich in cultural heritage and traditions from sabang to merauke, including a wide variety of traditional games that need to be preserved. however, technological advancements have led to a decline in children\\\'s interest in traditional games. the interactive illustration book “yuk main! permainan tradisional indonesia†is designed as a creative medium to introduce traditional games to children aged 6–8 years. research and the design process show that a visual approach using engaging illustrations and interactive elements is an effective method for delivering content in a fun and child-friendly way. this study uses a qualitative approach, with data collection methods including questionnaire distribution, literature review, and a design process based on the design thinking stages. the results indicate that a visually interactive approach—combining appealing illustrations, vibrant colors, and interactive features such as push-and-pull slides and peek-a-boo elements—is effective in attracting children's interest in educational content. this book serves not only as a learning tool but also as a creative medium to help preserve the cultural values of indonesia.