Pengaruh strategi perusahaan, transparansi, kinerja esg terhadap penghindaran pajak pada perusahaan konsumen noncyclicals sub sektor makanan dan minuman tahun 2020-2023
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Strategi Perusahaan, Transparansi, Kinerja ESG terhadap Penghindaran Pajak pada perusahaan konsumen Non-Cyclicals Sub Sektor Makanan dan Minuman Tahun 2020-2023. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan dan laporan keberlanjutan melalui website www.idx.co.id atau website masing-masing perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria dan diperoleh sebanyak 196 data sampel. Metode analisis data dengan menggunakan uji deskriptif, dan uji regresi data panel menggunakan software Eviews 12. Hasil menunjukkan bahwa (1) Strategi Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Penghindaran Pajak, 2) Transparansi berpengaruh positif terhadap Penghindaran Pajak, 3) Kinerja ESG tidak berpengaruh terhadap Penghindaran Pajak.
T This research aims to determine the influence of Corporate Strategy, Transparency, ESG Performance on Tax Avoidance in Consumer Non-Cyclical Companies in the Food and Beverage Sub Sector listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2020 to 2023. The data used is secondary data obtained from company annual reports and sustainability reports via the website www.idx.co.id or each company\\\'s website. This research used a purposive sampling method with several criteria and obtained 196 sample data. The data analysis method uses descriptive tests, and panel data regression tests use Eviews 12 software. The results show that (1) Corporate Strategy has no effect on Tax Avoidance, 2) Transparency has a positive effect on Tax Avoidance, 3) ESG Performance has no effect on Tax Avoidance.