Studi persepsi penggunaan teknologi perbankan di kalangan mahasiswa dan pekerja (studi kasus penggunaan mobile banking)
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan alasan dalam penggunaan mobile banking dari segi gender, kelompok umur dan jurusan atau bidang pekerjaan. Melalui studi kasus terhadap mahasiswa jurusan akuntansi, manajemen, dann teknologi informasi di 3 PTN, 3 PTS dan pekerja yang berhubungan dengan jurusan terkait di Jabodetabek.Populasi penelitian meliputi semua mahasiswa dari PTN, PTS dan pekerja dengan jurusan atau bidang terkait. Penulis menyebarkan kuesioner secara online dengan metode snowball. Penelitian ini merupakan convenience sampling yaitu mengambil jumlah responden sesuai dengan jumlah yang didapatkan. Berdasarkan kuesioner yang telah disebar, diperoleh sampel 354 responden.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) untuk penggunaan mobile banking dari segi gender terdapat perbedaan alasan pada dimensi motivasi hedonis, kebiasaan, tingkat risiko, dan perilaku penggunaan. (2) Untuk penggunaan mobile banking dari segi umur terdapat perbedaan alasan pada dimensi niat tindakan, kinerja yang diharapkan, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, kebiasaan, niat lebih, kepercayaan, risiko yang dapat diterima, tingkat risiko, dan perilaku penggunaan. (3) Sedangkan dari segi jurusan atau bidang pekerjaan tidak terdapat perbedaan alasan samasekali dari setiap dimensi.
T This study discusses the use of mobile banking in terms of gender,group of age and major or departement of work. Through the case studies of students majoring in accounting, management, and information technology in 3 PTN, 3 PTS and workers to related departments in Jabodetabek. The study population includes all students from PTN, PTS and workers with majors or related departements. The author distributed the online questionnaire with the snowball method. This research is a convenience sampling which is taking the number of respondents according to the number that obtained. Based on the questionnaire that has been distributed, a sample of 354 respondents was obtained. The results of this study are: (1) for the use of mobile banking in terms of gender there are differences opinion on the dimensions of motivation, habits, problem levels, and usage. (2) For the use of mobile banking in terms of age there are differences in the dimensions of intention, expected support, social influences, conditions of the facility, habits, more intentions, trust, acceptable risk, level of risk, and use of use. (3) While in terms of major or department of work there is no any difference at all dimensions.