Gambaran manfaat media sosial dalam mencari informasi praktek dokter gigi : kajian pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti angkatan 2018 (Laporan Penelitian)
M Media Sosial telah mengubah cara pandang masyarakat mengonsumsi sebuah produk terutama di bidang jasa. Ketertarikan remaja pada media sosial sangat besar saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan pasien remaja terhadap praktek dokter gigi melalui media sosial. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan rancangan penelitian cross-sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 8 pertanyaan kuesioner data awal responden dan 10 pernyataan pengetahuan yang diberikan secara online melalui link situs Google Form pada mahasiswa Paralel 2 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti angkatan 2018 yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas responden berjenis kelamin perempuan yang mayoritas berusia 18 tahun dan semua responden menggunakan media sosial lebih dari 6 jam setiap hari. Gambaran pengguna media sosial sebagai sarana pengetahuan remaja terhadap praktek dokter gigi adalah mayoritas responden menjawab setuju dengan informasi di media sosial tentang : pernyataan waktu praktek, informasi praktek dokter gigi, fasilitas layanan, pilihan dokter gigi/dokter gigi spesialis sesuai kebutuhan dan kasus pasien, ulasan pasien serta kepuasan pasien terhadap praktek dokter gigi.
S Social Media has changed the people's prespective when consume a product, especially in the service sector. Teenagers have very high interest in social media. This study aims to determine how much the level of knowledge of adolescent patients in dental practice through social media. This type of research was descriptive observational with a cross-sectional study design. This study used a questionnaire with 8 questionnaires for the initial respondent data and 10 knowledge statements given online through the Google Form site link in Paralel 2 students of the Faculty of Dentistry of Trisakti University years 2018 who met the inclusion criteria. The results of this study show that the majority of respondents are female, the majority are 18 years old and all respondents use social media more than 6 hours every day. The description of social media users as a means of adolescent knowledge of dental practice is that the majority of respondents answered agreeing with information on social media about : statement of practice time, information on dental practice, service facilities, choice of dentist / specialist dentist according to patient needs and cases, patient reviews and patient satisfaction with dental practice.