Pengaruh tipe industri, media exposure, kinerja lingkungan, dan leverage terhadap pengungkapan emisi karbon.
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh tipe industri, media exposure, kinerja lingkungan, dan leverage terhadap pengungkapan emisi karbon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2020. Sampel penelitian didapatkan sebanyak 80 sampel dengan teknik purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan, laporan keberlanjutan, dan laporan PROPER. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji R², uji F, dan uji t. Tipe industri memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon, sementara media eksposure, kinerja lingkungan, dan leverage tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Saran dari penelitian ini adalah gunakan sumber data yang lebih luas, termasuk Situs Kinerja Emiten, untuk data yang lebih lengkap dan perluas metode pengukuran media exposure dengan analisis konten dari media sosial untuk gambaran yang lebih akurat.
T This research aims to empirically test the influence of industry type, media exposure, environmental performance, and leverage on carbon emissions disclosure. This research uses a quantitative approach with a population of energy sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2019-2020 period. The research sample was obtained as many as 80 samples using purposive sampling technique. Secondary data was obtained from annual reports, sustainability reports and PROPER reports. Data analysis includes descriptive statistics, classical assumption test, multiple linear regression, R² test, F test, and t test. Industry type has a significant positive influence on carbon emissions disclosure, while media exposure, environmental performance, and leverage have no influence on carbon emissions disclosure. The suggestion from this research is to use wider data sources, including Issuer Performance Sites, for more complete data and expand the media exposure measurement method with content analysis from social media for a more accurate picture.