DETAIL KOLEKSI

Hubungan penggunaan media sosial dan pengetahuan mengenai covid-19 pada masyarakat dewasa muda


Oleh : Nur Najmi Raina

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1855

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Kartini

Subyek : COVID-19 (Disease) - Safety measures

Kata Kunci : Covid-19 knowledge, social media use, young adulthood

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_SKD_030001700089_Halaman-judul.pdf
2. 2021_TA_SKD_030001700089_Pengesahan.pdf 1
3. 2021_TA_SKD_030001700089_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2021_TA_SKD_030001700089_Bab-2_Tinjauan-literatur.pdf 17
5. 2021_TA_SKD_030001700089_Bab-3_Kerangka-konsep.pdf 3
6. 2021_TA_SKD_030001700089_Bab-4_Metode.pdf 11
7. 2021_TA_SKD_030001700089_Bab-5_Hasil.pdf
8. 2021_TA_SKD_030001700089_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2021_TA_SKD_030001700089_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2021_TA_SKD_030001700089_Daftar-pustaka.pdf 7
11. 2021_TA_SKD_030001700089_Lampiran.pdf

L LATAR BELAKANG COVID-19 saat ini menjadi masalah kesehatan dunia. Di masa pandemi dengan kasus yang semakin bertambah menjadikan media sosial sebagai sumber informasi utama COVID-19. Penggunaan media sosial yang bijak sangat efektif untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan mengenai pandemi COVID-19 sehingga membantu masyarakat untuk melakukan pencegahan COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk menilai hubungan penggunaan media sosial dan pengetahuan COVID-19 pada dewasa muda. METODE Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional, sampel penelitian sebanyak 240 responden, memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner online pada bulan Mei-Juli 2021 di Kelurahan Rorotan Jakarta Utara. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square dan Fisher Exact dengan tingkat kemaknaan p <0,05. HASIL Rerata usia responden 26,8 ± 6,4 tahun didominasi oleh perempuan (65,4%). Responden berpendidikan tinggi sebanyak 95,8%, dan berpengetahuan baik (54,2%) mengenai COVID-19. Dengan tingkat penggunaan media sosial tinggi sebanyak 57,9%. Responden dengan tingkat penggunaan media sosial tinggi dan berpengetahuan baik mengenai COVID-19 sebanyak 56,8%. Tidak terdapat hubungan antara penggunaan media sosial, umur, dan pendidikan dengan pengetahuan COVID-19. Terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan pengetahuan COVID-19.KESIMPULANPengunaan media sosial tidak berhubungan dengan tingkat pengetahuan COVID-19 pada masyarakat dewasa muda, namun terdapat kecenderungan bahwa responden dengan penggunaan media sosial tinggi memiliki pengetahuan baik tentang COVID-19. Dengan mengakses informasi melalui media sosial hal tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan merupakan salah satu usaha pencegahan COVID-19.

B BACKGROUND COVID-19 currently a world health problem. During this pandemic with increasing cases, social media is the main source of information for COVID-19. Wise use of social media is very effective to disseminate knowledge about COVID-19 pandemic so as to help people to prevent COVID-19. This study aims to analyze the relationship between social media use and knowledge of COVID-19.METHODA cross-sectional observational analysis study was conducted and a total of 240 respondents had fulfilled the inclusion and exclusion criteria. Data collection was by online questionnaire interviews in May-July 2021 at Rorotan North Jakarta. Statistical analysis using Chi-Square/Fisher Exact test, level of significance were set at p<0,05. RESULT The mean age of respondents was 26,8 ± 6,4 years dominated by women (65,4%). Respondents with highly educated (95,8%), 54,2% had good knowledge of COVID-19 and 57,9% with a high social media usage. Respondents with high social media usage and had good knowledge COVID-19 (56.8%). No significant association between social media use, age, and education with COVID-19 knowledge, but gender had significant association with COVID-19 knowledge.CONCLUSION The use of social media was not associated with the knowledge of COVID-19 in young adults, there was a tendency that respondents with high social media use also had good knowledge about COVID-19. By accessing information through social media it can increase knowledge and is one of the efforts to prevent COVID-19.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?