Tanggung jawab tercarter dalam perjanjian carter kapal menurut waktu (studi putusan nomor 253/pdt/2024/pt dki)
Penerbit : FH - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2025
Pembimbing 1 : Elfrida Ratnawati Goeltom
Kata Kunci : Carriage Law, Sea Freight, Ship Charter Agreement, Ship Time Charter, Chartered Liability
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2025_SK_SHK_010002000544_Halaman-Judul.pdf | 7 | |
2. | 2025_SK_SHK_010002000544_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf | 1 | |
3. | 2025_SK_SHK_010002000544_Surat-Hasil-Similaritas.pdf | 1 | |
4. | 2025_SK_SHK_010002000544_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf | 1 | |
5. | 2025_SK_SHK_010002000544_Lembar-Pengesahan.pdf | 1 | |
6. | 2025_SK_SHK_010002000544_Pernyataan-Orisinalitas.pdf | 3 | |
7. | 2025_SK_SHK_010002000544_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf | 1 | |
8. | 2025_SK_SHK_010002000544_Bab-1.pdf | 15 | |
9. | 2025_SK_SHK_010002000544_Bab-2.pdf | 30 |
|
10. | 2025_SK_SHK_010002000544_Bab-3.pdf | 18 |
|
11. | 2025_SK_SHK_010002000544_Bab-4.pdf | 14 |
|
12. | 2025_SK_SHK_010002000544_Bab-5.pdf | 3 | |
13. | 2025_SK_SHK_010002000544_Daftar-Pustaka.pdf | 5 | |
14. | 2025_SK_SHK_010002000544_Lampiran.pdf | 1 |
|
P Penulisan skripsi ini bertujuan untuk membahas permasalahan mengenai perjanjian carter kapal menurut waktu antara PT Multi Transportasi Global sebagai pencarter dan PT Bintang Bahari Sejati sebagai tercarter. Adapun pokok permasalahan yang dibahas ialah bagaimana tanggung jawab PT BBS sebagai tercarter kepada PT MTG dalam perjanjian carter kapal menurut waktu? dan apakah Putusan 253/PDT/2024/PT DKI telah sesuai dengan ketentuan hukum mengenai carter kapal menurut waktu?. Jenis penelitian hukum yang digunakan adalah normatif, dan sifatnya deskriptif, melalui studi kepustakaan dengan menggunakan data sekunder sebagai dasarnya dan data primer sebagai pendukungnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan ditarik kesimpulannya secara deduktif. Hasil penelitian sebagai berikut: tanggung jawab PT BBS sebagai tercarter kepada PT MTG yaitu menyediakan kapal yang laik laut, bertanggung jawab untuk memelihara dan menjaga kondisi kapalnya agar tetap dalam keadaan baik selama berlangsungnya perjanjian carter, dan bertanggung jawab atas kesalahan nakhoda. Putusan 253/PDT/2024/PT DKI tidak mempertimbangkan secara mendalam ketentuan hukum mengenai carter kapal menurut waktu yang mengatur tanggung jawab tercarter sehingga tidak memberikan keadilan kepada PT MTG.
T This legal research employs a normative and descriptive approach, utilizing literature study with secondary data as the primary source and primary data as supporting evidence. The data obtained were analyzed using a qualitative approach and conclusions were drawn deductively. The research results are as follows: PT BBS\\\'s responsibilities as the shipowner to PT MTG include providing a seaworthy vessel, being responsible for maintaining and keeping the vessel in good condition throughout the charter agreement, and being responsible for the captain\\\'s mistakes. Decision 253/PDT/2024/PT DKI does not thoroughly consider the legal provisions regarding time charter agreements that regulate the shipowner\\\'s responsibilities, thus not providing justice to PT MTG.