Pengaruh size, profitability, tangibility dan growth terhadap corporate borrowing
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh size, tangibility, profitability, dan growth terhadap corporate borrowing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEl) periode 2006 hingga 2009. Variabel independen dalam penelitian ini adalah size, profitability, tangibility, growth rate, dan growth prospect, sedangkan variabel dependennya adalah corporate borrowing yang dibagi menjadi short term debt dan long term debt. Dengan menggunakan purposive sampling , maka jumlah yang menjadi tsampel penelitian tini berjumlah 61 perusahaan pada perusahaan manufaktur. Model analisis data yang digunakan adalah panel regression models. Bedasarkan panel tregression tmodels maka diperoleh hasil tbahwa size, profitability, dan tangibility memiliki pengaruh terhadap long term debt. Namun pada growth rate, dan growth prospect tidak ditemukan hasil yang signifikan terhadap long term debt. Penelitian ini juga menemukan adanya pengaruh growth rate terhadap short term debt, sedangkan size, profitability, tangibility, dan growth prospect tidak ditemukan adanya pengaruh terhadap short term debt. Hasil tersebut menunjukkan manajemen perusahaan perlu mempertimbangkan faktor yang mencakup size, profitability, dan tangibility dalam mengambil keputusan dalam menetapkan kebijakan untuk hutang jangka panjang, dan mempertimbangkan growth rate untuk hutangjangka pendek.
T This study aims to determine the effect of size, tangibility, profitability, and growth to corporate borrowing. The sample that used in this study are manufacturing companies in Indonesia Stock Exchange (BEl) in 2006-2009. The independent variables are size, profitability, tangibility, growth rate, and growth prospect. The dependent variable is corporate borrowing, which is divided into short-term debt and long term debt. By using purposive sampling, the numbers of samples in this study are 61 companies in manufacturing companies. The method analysis in this study is panel regression models. Based on the panel regression models showed that size, profitability, and tangibility have an influence to long term debt, while the study do not find any influence for growth rate and growth rate to long term debt. The study also find growth rate is found significantly related to short-term debt, but size, profitability, tangibility, and growth prospect do not influence short term debt. These results show the company management needs to consider size, profitability, and tangibility to determine long term debt, and consider growth rate to determine short term debt.