DETAIL KOLEKSI

Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kedokteran gigi pada masa pandemi Covid-19 : kajian pada puskesmas Kampung Sawah, Bandar Lampung


Oleh : Nicholaus Sandy

Info Katalog

Nomor Panggil : 614 NIC g

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Mita Juliawati

Pembimbing 2 : Lia Hapsari Andayani

Subyek : Patient satisfaction;Dental health services

Kata Kunci : patient satisfaction, COVID-19, patient satisfaction questionnaire, dental services, public health c


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2022_TA_KG_040001800107_Halaman-Judul.pdf 1771.15
2. 2022_TA_KG_040001800107_Lembar-Pengesahan.pdf 609.55
3. 2022_TA_KG_040001800107_Bab-1_Pendahuluan.pdf 311.48
4. 2022_TA_KG_040001800107_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 834.83
5. 2022_TA_KG_040001800107_Bab-3_Kerangka-Teori.pdf 250.44
6. 2022_TA_KG_040001800107_Bab-4_Metode-Penelitian.pdf 773.75
7. 2022_TA_KG_040001800107_Bab-5_Hasil-Penelitian.pdf 789.93
8. 2022_TA_KG_040001800107_Bab-6_Pembahasan.pdf 313.13
9. 2022_TA_KG_040001800107_Bab-7_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 153.56
10. 2022_TA_KG_040001800107_Daftar-Pustaka.pdf 528.32
11. 2022_TA_KG_040001800107_Lampiran.pdf 2450.51

L Latar Belakang: Kepuasan merupakan suatu hal yang erat kaitannya dengan pelayanan. Kepuasan pasien sendiri merupakan suatu perbandingan antara persepsi pasien terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan. Pandemi COVID-19 memiliki dampak terhadap kepuasan pasien akibat adanya alur pelayanan yang berubah. Tingkat kepuasan pasien sangat penting karena seringkali menjadi tolak ukur keberhasilan suatu fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kedokteran gigi pada masa pandemi COVID-19. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional atau potong silang. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan Patient Satisfaction Questionnaire kepada 100 pasien yang menerima perawatan kedokteran gigi di Puskesmas Kampung Sawah, Kecamatan Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung. Hasil: Responden memiliki tingkat kepuasan tinggi sebesar 60,1%, tingkat kepuasan sedang sebesar 20,08%, dan tingkat kepuasan rendah sebesar 19,32%. Kesimpulan: Mayoritas responden yang menerima perawatan kedokteran gigi di Puskesmas Kampung Sawah memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelayanan yang diberikan.

B Background: Satisfaction is something that is closely related to service. Patient satisfaction itself is a comparison between the patient’s perception of the service received with their expectations before getting the service. The COVID-19 pandemic has an impact on patient satisfaction level due to changing service flows. The level of patient satisfaction is very important because it is often a measure of the success of a health care facility. Aim: To determine the level of patient satisfaction with dental services during the COVID-19 pandemic. Methods: This is an observational descriptive study with a cross sectional research design. The study was conducted by distributing the Patient Satisfaction Questionnaire to 100 patients who received dental treatment at Puskesmas Kampung Sawah, Kecamatan Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung. Results: 60,1% respondents had a high level of satisfaction, 20,08% respondents had a moderate level of satisfaction and 19,32 respondents had a low level of satisfaction. Conclusion: The majority of respondents who received dental treatment at Puskesmas Kampung Sawah had a high level of satisfaction with the services provided.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?