DETAIL KOLEKSI

Usulan perbaikan kualitas produk ikat pinggang berdasarkan quality function deployment di PT. Sinar Sakti Union


Oleh : Fendy

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Johnson Saragih

Pembimbing 2 : Pudji Astuti

Subyek : Manufacturing companies;Production management - Quality control;Production planning

Kata Kunci : product quality, belt, quality function deployment, PT. Sinar Sakti Union

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_TI_06308065_1_Halaman-Judul.pdf
2. 2012_TA_TI_06308065_2_Bab1.pdf
3. 2012_TA_TI_06308065_3_Bab2.pdf
4. 2012_TA_TI_06308065_4_Bab3.pdf
5. 2012_TA_TI_06308065_5_Bab4.pdf
6. 2012_TA_TI_06308065_6_Bab5.pdf
7. 2012_TA_TI_06308065_7_Bab6.pdf
8. 2012_TA_TI_06308065_8_Bab7.pdf
9. 2012_TA_TI_06308065_9_Bab8.pdf
10. 2012_TA_TI_06308065_10_Daftar-Pustaka.pdf
11. 2012_TA_TI_06308065_11_Lampiran.pdf

P PT Sinar Sakti Union sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur ikat pinggang, turut berkompetisi untuk menjadi produsen yang terbaik dan menguasai pangsa pasar. Untuk itu, perusahaan perlu untuk melakukan pengembangan terhadap kualitas produk yang dibutuhkan konsumen sebab kualitas produk sebanding dengan kepuasan konsumen. Dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), maka proses dimulai dan mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menerjemahkannya menjadi karakteristik teknis produk. Untuk mengetahui tingkat kepentingan konsumen, maka perlu ditinjau suatu keterkaitan hubungan interdependencies antara kebutuhan konsumen terhadap fungsi tujuan, innerdependencies antar sesama kebutuhan konsumen, interdependencies kebutuhan konsumen terhadap karakteristik teknis, dan innerdependencies antar sesama karakteristik teknis. Hal tersebut membentuk struktur berupa jaringan, sehingga melalui pendekatan Analytical Network Process (ANP) akan diperoleh bobot setiap hubungan. Kemudian, permasalahan pengembangan prod dilanjutkan dengan metode Zero One Goal Programming (ZOGP) yang bertujuan untuk mendapatkan tingkat prioritas terhadap pertimbangan kebutuhan yang perlu dikembangkan. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan 8 atribut kebutuhan konsumen dan 12 karakteristik teknis produk. Hasil menunjukkan bahwa kebutuhan konsumen yang utama yaitu "Desain Bentuk yang Menarik" dengan tingkat kepentingan 19,15 % diikuti karakteristik teknis yang terpenting adalah "Kekuatan" dengan tingkat kepentingan 23,04%. Berdasarkan hasil pengolahan model ZOGP, karakteristik yang perlu dikembangkan adalah desain bentuk kepala, tambahan aksesoris, pilihan wama bermacam-macam, penggunaan benang berkualitas, kekuatan, bahan menyerap noda, tahan air, bobot, bentuk permukaan, dan tebal ikat pinggang. Sementara itu, usulan Pengembangan yang dilakukan adalah membentuk desain kepala ikat pinggang yang barn, menambahkan aksesoris pada ikat pinggang, menambah pilihan warna tali, menggunakan benang barn yang berkualitas tinggi, dan membentuk desain ikat pinggang yang Baru.

P PT Sinar Sakti Union as a company engaged in the belt manufacturing industry, competed to become the best producer and market share. Therefore, companies need to develop the quality of products that consumers need because the quality of the product is proportional to customer satisfaction. Using the Quality Function Deployment (QFD) method, the process begins and identifies the needs of the consumer and translates them into product technical characteristics. To determine the level of consumer interest, it is necessary to review an interdependencies relationship between the needs of consumers to the purpose function, innerdependencies among fellow consumer needs, interdependencies consumer needs of technical characteristics, and innerdependencies among fellow technical characteristics. It forms a network structure, so through the Analytical Network Process (ANP) approach we will get the weight of each relationship. Then, the problem of product development is continued with Zero One Goal Programming (ZOGP) method which aims to get priority level to consider the need that need to be developed. Based on the results of data processing, got 8 attributes of consumer needs and 12 technical characteristics of the product. The result shows that the main consumer need is "Interesting Shape Design" with 19.15% importance level followed by the most important technical characteristic is "Strength" with the importance of 23.04%. Based on the results of ZOGP model processing, the characteristics that need to be developed are the head shape design, additional accessories, various color choices, the use of quality yarn, strength, absorbent material, waterproof, weight, surface shape, and thick belt. Meanwhile, the proposed Development is to form a new belt head design, add accessories to the belt, add color rope options, use high quality yarn, and form a new belt design.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?