Usulan perbaikan pada rencana produksi dan sistem kerja serta manufacturing lead time untuk minimasi bullwhip effect pada pt. nagata indonesia permai
Penerbit : FTI - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2013
Pembimbing 1 : Rahmi Maulidya
Subyek : Production control;Lean manufacturing
Kata Kunci : bullwhip effect, value stream mapping, manufacturing lead time, process cycle efficiency and demand
Status Posting : Published
Status : Tidak Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2013_TA_STI_06309012_Halaman-Judul.pdf | 15 | |
2. | 2013_TA_STI_06309012_Lembar-Pengesahan.pdf | 2 | |
3. | 2013_TA_STI_06309012_Bab-1_Pendahuluan.pdf | 5 | |
4. | 2013_TA_STI_06309012_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf |
|
|
5. | 2013_TA_STI_06309012_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf |
|
|
6. | 2013_TA_STI_06309012_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf |
|
|
7. | 2013_TA_STI_06309012_Bab-5_Pengolahan-Data.pdf |
|
|
8. | 2013_TA_STI_06309012_Bab-6_Analisis-Hasil.pdf |
|
|
9. | 2013_TA_STI_06309012_Bab-7_Kesimpulan-dan-Saran.pdf | 2 | |
10. | 2013_TA_STI_06309012_Daftar-Pustaka.pdf | 1 |
P T. Nagata Indonesia Permai merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalambidang produksi peralatan rumah tangga berbahan baku plastik dengan produk unggulanberupa sapu dan sikat sehingga terdapat divisi khusus untuk kedua produk tersebut selaindivisi injeksi. Perusahaan ini berproduksi secara Base Stock Level dimana pengadaanbahan baku bulu sapu dan sikat dilakukan dengan cara diimpor dalam waktu 2 bulan sekalidari China. Permasalahan yang dihadapi perusahaan ini adalah target produksi yang tidaktercapai, kondisi tersebut meningkatkan variabilitas antara permintaan dan produksi yangdapat memicu Bullwhip Effect.Penelitian difokuskan untuk mengamati Bullwhip Effect terhadap 7 produk sapudan 7 produk sikat, yang kemudian produk tersebut dikelompokkan berdasarkan kebutuhanbulu. Penelitian dilakukan dengan membuat Value Stream Mapping untuk mengidentifikasipermasalahan pada waktu produksi (Manufacturing Lead Time), pengelompokkan ValueAdded sehingga diperoleh nilai Process Cycle Efficiency (PCE), perbaikan pada MLTdilakukan dengan menggabungkan dan menghilangkan beberapa operasi. Ketersediaanbahan baku bulu sapu dan sikat yang diperhitungkan berdasarkan peramalan permintaandari data historis perusahaan.Kemudian hasil peramalan disesuaikan dengan perencanaanproduksi.Hasil akhir penelitian menunjukkan perbaikan pada Manufacturing Lead Time15,63%, peningkatan Process Cycle Efficiency 7,27%, jumlah produksi dapat mencapaitarget produksi, dan Bullwhip Effect menunjukkan penurunan sebesar 33,99%. Sedangkanuntuk hasil akhir perbaikan dengan melakukan peramalan permintaan nilai Bullwhip Effectturun sebesar 69,68%.
P T. Nagata Indonesia Permai is a company engaged in the production of householdappliances made from plastic with supperior products such as brooms and brushes, so thereis especially division that handles both products, besides the injection division. Thecompany produces the Base Stock Level where the procurement of raw materials of bristlebroom and brushes done by imported within 2 months from China. Problems faced by thecompany that production targets are not achieved, the condition makes variability betweendemand and production higher resulted in Bullwhip Effect.Research focuses on observing the Bullwhip Effect on 7 products of brooms and 7products of brushes, which grouped based on the needs of feathers. Research done bycreating Value Stream Mapping to identify problems at the time of production(Manufacturing Lead Time), grouping in order to obtain the value of Value Added ProcessCycle Efficiency(PCE), improvements in the MLT done by combining and eliminatingsome operations.Availability of raw materials of bristle brooms and brushes those are calculatedbased on forecasting of demand in the historical data of the company. And then, the resultsadjusted to the availability of production planning.The final results showed improvement at 15.63% Manufacturing Lead Time,Process Cycle Efficiency increased 7.27%, the amount of production to achieve productiontargets, and the Bullwhip Effect showed a decrease of 33.99%. As for the final resultimproved by forecasting the demand that the Bullwhip Effect decreases of 69,68%.