DETAIL KOLEKSI

Komunikasi efektif antara dokter gigi dan pasien yang tidak kooperatif


Oleh : Winda Mawaddah

Info Katalog

Nomor Panggil : 174.2 WIN k

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2010

Pembimbing 1 : Danny Wiradharma

Subyek : Dentistry - Ethics

Kata Kunci : effective communication, listen empathetically, assertive, relationship between the dentist and pati

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2010_TA_SKG_04006184_Halaman-judul.pdf
2. 2010_TA_SKG_04006184_Lembar-pengesahan.pdf
3. 2010_TA_SKG_04006184_Bab-1-Pendahuluan.pdf
4. 2010_TA_SKG_04006184_Bab-2-Tinjauan-pustaka.pdf
5. 2010_TA_SKG_04006184_Bab-3-Pembahasan.pdf
6. 2010_TA_SKG_04006184_Bab-4-Kesimpulan-dan-saran.pdf
7. 2010_TA_SKG_04006184_Daftar-pustaka.pdf

K omunikasi yang efektif antara dokter gigi dan pasien merupakan kuncikeberhasilan hubungan dokter gigi dan pasien agar tercipta rasa nyaman terhadapterapi medis yang diberikan dokter gigi pada pasien. Komunikasi efektifdiharapkan dapat mengatasi kendala yang ditimbulkan oleh pasien dan doktergigi. Untuk mencapai komunikasi yang efektif, dokter gigi tidak hanya berbicaradan memberikan informasi, tetapi perlu juga mendengarkan secara empatik.Dalam mendengar secara empatik, mendengar tidak hanya dengan telinga, tetapimendengarkan dengan mata dan hati. Selain itu, agar komunikasi berlangsungsecara efektif, seseorang perlu memiliki kemampuan asertif. Perilaku asertifadalah tingkah laku interpersonal yang mengungkap emosi secara terbuka, jujur,tegas dan langsung pada tujuan sebagai usaha untuk mencapai kebebasan emosidan dilakukan dengan penuh keyakinan diri dan sopan. Hubungan dokter gigi danpasien dapat diungkapkan berdasarkan banyak model, tetapi ada empat modelyang penting, yaitu model serikat, model agen (perantara), model komersial danmodel interaktif. Dari keempat model tersebut, model interaktif merupakanartikulasi terbaik hubungan yang ideal antara dokter gigi dan pasien. Modelinteraktif adalah model hubungan dokter gigi dan pasien yang merumuskan doktergigi dan pasien adalah mitra yang setara.

A n effective communication between the dentist and the patient is a key tosuccessful relationship between them, to create a better atmosphere for thepatient about medical treatment given by the dentist. These expected to overcomethe obstacles posed by the patient and the dentist. To achieve these, the dentistdoesn 7 just talk and give information, but also need to listen empathetically andunderstand first. Moreover, the dentist needs to have an assertive ability.Assertive behavior is behavior that reveal interpersonal emotions openly,honestly, assertively and directly to reach emotional freedom and performed withconfidence and polite. There are four important models represent relationshipbetween the dentist and the patient, including union model, intermediary model,commercial model and interactive model. Among them, interactive model is thebest articulation of an ideal relationship between the dentist and the patient.Interactive model is a model of relationship between the dentist and the patient, asan equal partners.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?